Notification

×

Iklan

Tangkal Aliran Sesat Sejak Dini Dengan Penanaman Nilai-Nilai Al Qur’an

Senin, 25 September 2017 | 09:53 WIB Last Updated 2017-09-27T03:29:47Z
Tangkal Aliran Sesat Sejak Dini Dengan Penanaman Nilai-Nilai Al Qur’an
oleh : ari-sunandar
Pituruh,(purworejo.sorot.co)--TPQ At-Tauhid Jatiwero Prapag Kidul, Kecamatan Pituruh, kembali menyelenggarakan Haflah at Tasyakkur Khotmil Al Qur’an di Masjid At-tauhid Jatiwero Prapag Kidul, Minggu (24/07/2017). Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan sebagai bentuk syukur atas prestasi santri dalam mengaji Al Qur’an.
Ketua panitia, Umi Mudrikah, mengatakan, kegiatan Khotmil Qur’an juga sebagai wadah syiar tentang perlunya pembelajaran Al Qur’an dan harus ditangani dengan serius.
Alhamdulillah, semoga mengaji al-Qur’an di TPQ ini, bisa bermanfaat baik untuk para santri, keluarga, dan masyarakat. Lebih dari itu, amat diutamakan agar ajaran-ajaran Al-Qur’an bisa diamalkan,” ujar Umi Mudrikah.
Setelah prosesi wisuda khotimin-khotimat, puncak acara Khotmil Qur’an ini dilanjutkan pengajian akbar oleh Kyai Abdullah Sugito S.Pd. M.Pd.I dari Butuh, Purworejo.
Dalam tausyiahnya, Kyai Abdullah Sugito S.Pd. M.Pd.I menegaskan pentingnya acara khotmil Qur’an ini. Para santri yang telah merampungkan (khotmil) Al Qur’an 30 juz diharapkan mampu menangkal berkembangnya aliran dan faham agama yang menyesatkan di masyarakat melalui pemahamaman makna kandungan Al Quran yang benar dan konperehensif.
Saya berharap agar para santri untuk tetap berusaha mempelajari Al Qur’an dengan istiqomah,” tuturnya.
Lebih lanjut dijelaskan, Khotmil Qur’an sendiri merupakan salah satu tradisi yang telah berlangsung berabad-abad lamanya. Khotmil Qur’an termasuk salah satu ritual sakral, sebagai wujud rasa syukur atas keberhasilan para santri dalam mengkhatamkan Al Qur’an.
Demikian, di pesantren tidak hanya menekankan pada kualitas membaca dan tajwidnya, melainkan juga pada silsilah sanad. Sehingga transmisi pembelajaran Al Qur’an yang dilaksanakan dengan tidak abal-abal, tetapi sanad gurunya jelas,” tandasnya.

Sumber : purworejo.sorot.co 

Iklan

×
Berita Terbaru Update