Notification

×

Iklan

Terapkan Pengawasan Ketat, Panitia Pilkades Kalikotes Sempat Temukan Praktek Politik Uang

Wednesday, 25 October 2017 | 16:03 WIB Last Updated 2017-10-25T09:03:52Z
Terapkan Pengawasan Ketat, Panitia Pilkades Kalikotes Sempat Temukan Praktek Politik Uang
 Para anggota Panitia Pilkades Kalikotes dan calon Kades berfoto usai penandatanganan nota kesepahaman

Pituruh,(purworejo.sorot.co)--Guna menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat selama prosesi pelaksanaan Pilkades serentak di Desa Kalikotes, Kecamatan Pituruh, panitia pelaksana melakukan langkah taktis dengan membuat nota kesepakatan antar calon dan juga pengawasan ketat. Nota kesepakatan ini nantinya diharapkan bisa menjadi pedoman bagi masing-masing calon Kepala Desa untuk berjuang menjaring dukungan masyarakat secara sehat.
Ketua Panitia Pemilihan L.T Endro Sadewo mengatakan pihaknya sangat concern dalam menciptakan politik bersih dalam prosesi Pilkades serentak di Desa Kalikotes. Puluhan personel telah disebar untuk memantau pelanggaran-pelanggaran yang terjadi. Total, sekitar 50 personel pengawas tersebut akan terus melakukan pantauan hingga prosesi Pilkades berakhir.
Menurut Endro, sejauh ini prosesi Pilkades Kalikotes masih berjalan kondusif dan tanpa pelanggaran. Pihaknya sempat menemukan adanya praktek politik uang yang dilakukan oleh salah satu calon. Namun lantaran praktek tersebut dilakukan sebelum masa pencalonan, sehingga belum ada langkah tegas yang dilakukan.
Pelaku sempat kami berikan pembinaan,” beber dia, Rabu (25/10/2017) siang.
Adapun pembuatan nota kesepakatan tersebut dilakukan dalam rangka menciptakan pemilihan yang bersih dan aman. Ada tujuh poin yang harus ditaati oleh para calon. Diantara 7 poin tersebut, ada 2 poin penting yang harus diperhatikan yaitu pertama, peserta dilarang menggunakan politik uang dengan alasan apapun, kedua tidak boleh membuat keresahan dan gangguan di masyarakat.
"Dan semua calon sepakat, maka bila dilapangan ada bukti, langsung ditindak secara hukum," tegasnya, Rabu (25/10/2017) pagi
Endro menegaskan, pihaknya siap mendapatkan kritik dari warga ketika kinerja panitia tidak sesuai. Kalau ada kecurangan dari panitia pihaknya siap mempertanggungjawabkan secara hukum. Sistem semacam ini ia paparkan baru pertama kali diterapkan supaya nantinya mendapatkan pemimpin yang benar-benar diharapkan.
"Saya menjamin sistem ini akan membawa perubahan di Desa Kalikotes," pungkasnya. (Dana Nur Sehat)

Sumber : Purworejo.sorot.co

Iklan

×
Berita Terbaru Update