Notification

×

Iklan

Cegah Banjir Sungai Gebang, Tirta Jaya Tanam 100 Pohon Pala

Monday, 20 November 2017 | 11:11 WIB Last Updated 2017-11-20T04:11:17Z
 
 

PITURUH, Komunitas Peduli Sungai (KPS) Tirta Jaya Purworejo, Minggu (19/11) melakukan penanaman pohon pala di Dukuh Munggangsari, Desa Kaligintung, Kecamatan Pituruh. Bibit pala sebanyak 100 Batang itu merupakan sumbangan dari Kuswari, SE.
Menurut Kuswari, Dukuh Munggangsari adalah wilayah tertinggi di Desa Kaligintung yang kini mulai gundul. Untuk penyerapan air perlu ditanami tanaman keras  namun berbuah dan laku dijual. Lokasi penanaman berada di atas hulu Sungai Gebang.
"Penanaman 100 batah pohon pala tersebut diharapkan bisa menjadi pemantik bagi warga desa untuk turut menanam pohon di daerah hulu sungai,"katanya.
Pengurus KPS Tirta Jaya, Gunadi Suprapto menjelaskan pihaknya akan terus melakukan penanaman pohon terutama di daerah hulu. Hal itu supaya ekosistem sungai terjaga, dan mencegah banjir di bagian hilir.
Disamping itu pihaknya juga memonitor melakukan pengerukan sungai di Dukuh Sidengklok, Desa Kaligintung karena laju airnya menggerus jalan dan jembatan. 
Untuk diketahui, KPS Tirta Jsya Purworejo adalah komutas mitra pemerintah yang pertama kali ada di Purworejo. Beberapa hari lalu komunitas itu diundang ke Kongres Sungai Indonesia Ke-3 di Banjarmasin. (STS)

Iklan

×
Berita Terbaru Update