Notification

×

Iklan

Penerimaan PKB Purworejo Capai Rp 60M, Samsat Paten Pituruh dan Bener Diresmikan

Thursday, 25 January 2018 | 06:06 WIB Last Updated 2018-01-24T23:06:43Z

PURWOREJO, Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah, Dr Ir Ihwan Sudrajat, MM meresmikan Samsat Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Pituruh dan Bener, Rabu (24/). Kegiatan dipusatkan di komplek Kantor Kecamatan Pituruh. 
Dalam kesempatan itu Ihwan Sudrajat mengatakan, Samsat Paten merupakan tindak lanjut penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Polda Jawa Tengah, PT Jasa Raharja, Bank Jateng dan Pemerintah Kabupaten tentang pembayaran pajak daerah, pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan dan pengesahan Surat Tanda Nomer Kendaraan Bermotor pada Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). 
"Samsat Paten Pituruh dan Bener merupakan Samsat Paten ketiga di Kabupaten Purworejo, sementara yang pertama Samsat Kutoarjo sekaligus pertama di Jawa Tengah yang peresmianya dilakukan Gubernur Jawa Tengah pada 30 Oktober 2015,"katanya. 
Disebutkan, sampai dengan akhir tahun 2017 penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) di Kabupaten Purworejo mencapai Rp 60,9 miliar dengan jumlah kendaraan yang aktif sebanyak 221.928 unit. Jumlah tersebut lebih tinggi dibanding penerimaan tahun 2016 sebesar Rp 53,51 miliar dengan jumlah kendaraan yang aktif sebanyak 204.867 unit. 
"Penerimaan ini bisa akan lebih besar jika tunggakan PKB dapat dicairkan,"sebutnya. 
Diungkapkan, total tunggakan di Kabupaten Purworejo sebesar Rp 11, 94 miliar. Dari sejumlah tunggakan tersebut Rp 7,91 miliar tunggakan dari kendaraan roda dua, sisanya kendaraan roda 4 pribadi. 
Yang perlu mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Purworejo, lanjut Dr Ir Ihwan Sudrajat, adanya tunggakan dari kendaraan pemerintah atau kendaraan dinas. Terdiri dari roda dua sebanyak 1.074 unit dan roda 4 sebanyak 65 unit dengan nominal sebesar Rp 62,26 juta. 
Masih kata Dr Ir Ihwan Sudrajat, dengan adanya Samsat Pituruh nantinya bisa melayani pembayaran PKB, SWDKLLAJ untuk wilayah Kecamatan Pituruh, Bruno, Butuh dan Kemiri. Sementara Samsat Paten Bener akan mengcover wilayah Kecamatan Bener, Gebang dan Loano. 
Sementara itu Bupati Purworejo Agus Bastian menyambut baik adanya Samsat Paten karena sangat dibutuhkan masyarakat. 
"Terus terang saja banyaknya tunggakan pajak kendaraan bermotor penyebabnya pemilik malas bayar karena tempatnya jauh,"kata bupati. 
Padahal pajak sangat penting artinya bagi pemerintah. Sebab pajak merupakan modal untuk pembiayaan pembangunan bagi pemerintah sehingga terkesan pemaksaan. 
"Pajak itu bukan pemaksaan, tapi kewajiban warga negara sebagai kontribusi, "ucap bupati. (W5)

Penulis : Wardoyo

Iklan

×
Berita Terbaru Update