Notification

×

Iklan

Sadranan Merti Desa, Ala Desa Girigondo Membuat "Panjang Ilang"

Monday, 23 April 2018 | 18:44 WIB Last Updated 2018-04-23T11:53:25Z

GIRIGONDO, (pituruhnews.com) Unik warga Desa Girigondo menggelar "Merti Desa", dengan acara sadranan yang dilaksanakan oleh 7 Pedukuhan yang antara lain Dukuh Krajan, Kalijangkar, Kalimeneng, Keborangan, Garagan, Pesantren dan dukuh Kedobyangan. dimasing masing pedukuhan diwajibkan membuat tumpeng atau warga sekitar menyebutnya "Panjang Ilang" sebagai wujud rasa syukur. dengan bertempat di Rumah Kepala Dusun. Pada pukul 13.00,  Senin, 23 April 2018, dan dilanjutkan tahlil

Sadranan ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali, setelah panen musim hujan dan memasuki masa tanam padi musim kemarau.

foto warga saat Merti Desa Girigondo

Panjang ilang ini terbuat dari kuncup daun kelapa yang masih muda.

Menurut Kepala Desa Girigondo Nursaid, Tradisi ini sudah dilaksanakan secara turun menurun, kita sebagai anak cucu dari pendahulu yang wajib menjaga dan merawatnya, dari kegiatan ini diselenggrakan atas syukur warga masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan limpahan berkat serta rezeki. Panjang Ilang ini adalah sebagai wujud terima kasih kepada hasil panen, serta dijauhkan dari bahaya dan musibah.

Iklan

×
Berita Terbaru Update