Notification

×

Iklan


Gelora Upacara Bendera, Kibarkan Sang Merah Putih di Alun-alun Pituruh

Friday, 17 August 2018 | 13:32 WIB Last Updated 2018-08-17T15:29:40Z
 Pengibaran Bendera Merah Putih (bay)

PITURUH, (pituruhnews.com) 73 tahun yang lalu bertepatan juga dengan hari jum'at, Pukul 10.00  WIB dijalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta Pusat. Dibacakan naskah proklamasi  oleh Ir. Soekarno dengan di dampingi Drs. Moh Hatta sebagai tanda terbebasnya Negara Indonesia dari Penjajahan. Di hari yang sama bertempat di Lapangan Widoro Desa Pituruh dilaksanakan upacara Pengibaran Bendera Sang Merah Putih, dalam Rangka Dirgahayu Republik Indonesia  sebagai bentuk peringatan peristiwa tersebut.

 
 Penyerahan Bendera Merah Putih (foto riphai)

Dimulai pukul 09.30 WIB, inspektur upacara , yaitu Ibu Siti Choiriyah, S.STP selaku Camat Pituruh masuk ke lapangan upacara. upacara yang dipimpin oleh Pelda Parino,  pembawa bendera Rahma Putri, dan Pengibar Bendera oleh Akhya Imam Septiyan, Puspa Sulistyaningrum, serta Panggih Widodo dari SMA N 10 Purworejo.
Upacara ini diikuti oleh Kapolsek Pituruh Akp Junani Jumantoro, Danramil/09 Pituruh Kapten Ariyadi, 49 Kepala Desa, serta diikuti siswa-siswi dari SD/ SMP/Mts, SMA/MA se Kecematan Pituruh, KKN UII dan Pasnwascam Pituruh, dan Tamu Undangan.

Tamu Undangan (bay)

"Peserta upacara ini berjumlah 1054 yang dibagi menjadi 34 pasukan pleton yang terdiri setiap pasukan berjumlah 31 orang" ujar Sunarto, S.Pd.,MM.Pd.
Setelah Upacara ini berakhir dilanjutkan dengan pawai peserta upacara sampai depan halaman kecamatan Pituruh. Dalam pawai tersebut dibarengi dengan lomba gerak jalan. Adapun  kriteria penilaian lomba yaitu keutuhan, keseragaman, kedisiplinan, dan kekompakkan. 

 peserta pawai (riphai)
Pawai ini juga diikuti oleh Grup Dramband SMP PMB Pituruh, Mts Ma'arif NU Pituruh, SMK Patriot Pituruh, MA Ma'arif NU Pituruh, juga kesenian Cing Pho Ling Kesawen dan Kuda Kepang Ngampel.
Sementara itu, disekitar tempat upacara terdapat  pertunjukan kesenian daerah dari berbagai group kesenian di Kecamatan Pituruh. (ltf-bay)

Iklan

×
Berita Terbaru Update