Notification

×

Iklan

Pituruh Mempunyai Potensi Pertanian Lebih Unggul Dibandingkan Kecamatan Lain

Saturday, 27 October 2018 | 08:24 WIB Last Updated 2018-10-27T01:26:18Z
Petani Melon Saat Menjual Hasil Panen Melonnya / Foto Luthfi
MEGULUNGKIDUL, (pituruhnews.com) - Potensi yang dimilik kecamatan Pituruh lebih unggul dibidang pertanian dibandingkan dengan kecamatan lainnya yang dikabupaten Purworejo. Karena kecamatan Pituruh mengalami masa tanam lebih banyak dibidang pertanian, yaitu dengan masa tanam tiga kali antara lain padi, padi, dan kedelai atau kacang hijau. Sabtu, 27/10/2018.

Mayoritas petani setelah dua kali masa tanam padi, pada masa tanam ketiga menanam kedelai. Namun ada sebagian petani beralih ke palawija seperti cabai, samangka, melon dan tomat.
Petani menjual hasil panen / foto luthfi
Salah satu petani pada masa tanam ketiga beralih ke palawija melon, dengan luas 250 ubin yang sudah 5 kali beralih ke palawija melon.

Dengan luas 250 ubin bisa menghasilkan panenan melon sebanyak 15 ton. Harga perkilonya 8.000 pada tahun ini cukup meningkat dibandingkan tahun lalu. Selain dijual di area Pituruh, petani juga menjual di Yogyakarta dan Cikopo. Untuk di Yogyakarta disetorkan pada pengepul, sedangkan di cikopo dijual sendiri. dengan 1 Truk dan 2 pickup.

Salah satu pembeli melon, Tuti mengatakan selain harga murah, kualitas kesegaran dijamin karena langsung dari petani, dan bisa milih.
Petani menjual hasil panen / foto luthfi

Bagus Petani Melon, mengatakan kesulitan yang dialami pada saat masa tanam melon yaitu hama, lalat buah dan ulat. 

"Cara untuk mengatasinnya yaitu dengan cara penyemprotan dan pembuangan ulet secara manual," Katanya.

Pada musim tahun ini mengalami peningkatan kurang lebih 45 persen. Karena tidak mempresentasikan secara  detail.

"Petani berharap, pertanian yang dikacamatan Pituruh lebih maju, khususnya yang ada di Megulungkidul, selain memanfaatkan untuk kedelai dan kacang hijau, juga petani bisa mengambil peluang dibidang palawija" Ujar Bagus.

Penulis : Ltf
Editor : ALK

Iklan

×
Berita Terbaru Update