Notification

×

Iklan

4 Desa Di Kecamatan Pituruh Mengalami Kekurangan Air Bersih

Thursday, 4 July 2019 | 22:44 WIB Last Updated 2019-07-04T15:44:23Z

BRENGKOL, (pituruhnews.com) - Musim kemarau panjang tahun ini, sejumlah daerah di Kabupaten Purworejo mulai dilanda kekeringan. Sedikitnya 68 desa di 11 Kecamatan Kabupaten Purworejo tercatat telah mulai kesulitan akses air bersih.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Purworejo, Sutrisno mengungkapkan, musibah kekeringan mulai dirasakan sejumlah desa sejak beberapa pekan terakhir kemarin.

"Musim kemarau yang terus melanda membuat beberapa desa yang sebelumnya tidak mengalami kekeringan mulai merasakan dampak kekeringan, " ucapnya Kamis, (04/07) siang.

Total dikecamatan Pituruh yang mengalami kekeringan ada 4 desa yaitu Desa Brengkol, Kaligintung, Polowangi, Kedungbatur. Desa Brengkol ada 5 titik yaitu 3 dukuh dan 2 dusun.

Perangkat Desa Brengkol Kudrat mengatakan, selama ini warga sangat kesulitan mendapatkan air bersih. Karena medan dan lokasi untuk pendapatkan air terkendala di lingkungan pegunungan.

"Karena mata air di daerah brengkol ini sudah mulai kering, maka warga membutuhkan sumber mata air yang bersih untuk kebutuhan sehari-hari seperti minum, masak dan mandi, " ucapnya.

Sampai hari kemarin ada 4 desa yang di droping air, yaitu Desa Brengkol 6 tanki, Kedungbatur 4 tanki, Kaligintung 2 tanki, dan untuk hari ini ada dua desa Kaligintung, Polowangi, jadwal droping air seminggu 2-3 kali sesuai kebutuhan tiap-tiap desa, setiap drop satu tanki berisi 2000 liter. " tutupnya. (ltf)

Iklan

×
Berita Terbaru Update