Notification

×

Iklan

Kumpulkan Anggota Kuda Kepang Se-kecamatan, Sanggar Seni "PRAGATA" Gelar Pelatihan Seni Kuda Kepang

Friday, 12 July 2019 | 07:49 WIB Last Updated 2019-07-12T00:49:40Z
KARANGANYAR, (pituruhnews.com) - Bertempat di Sanggar Seni Pragata desa Karanganyar, telah diadakannya kegiatan Pelatihan Kuda Kepang, yang bertujuan untuk Pelestarian dan Pengembangan kesenian di wilayah kecamatan Pituruh, Kamis, 11/07/2019 malam.

Sedikitnya 20 grup kudang kepang se-kecamatan Pituruh ikut dalam pelatihan kuda kepang, yang setiap grup perwakilan masing-masing grup tiga orang.

Marwoto salah pemilik Sanggar Seni "Pragata" Karanganyar mengatakan, dengan diadakannya pelatihan ini tidak lepas dari konteks budaya, yaitu pengembangan dan kelestarian budaya khusunya kuda kepang.

"Berharap kesenian yang ada diwilayah kecamatan Pituruh, khususnya kuda kepang. supaya tetap lestari  dan berkembang. Misal ada grup kesenian kuda kepang yang sempat vakum, dengan adanya pelatihan diharapkan bisa bangkit kembali. Sedangkan yang masih aktif, supaya ditingkat eksistensi di dunia seni khususnya kuda kepang, " ucapnya.
Pada saat pelatihan
Selain kesenian kuda kepang, pemimpin Sanggar Seni "Pragata" Marwoto berencana akan mengundang kesenian lainnya. Karena sebagai pamong budaya dikecamatan Pituruh, untuk kesenian tidak hanya kuda kepang, " tuturnya.

Berawal dari seni kuda kepang, akan diagendakan akan menggundang kesenian yang lain, yang dilaksanakan seperti pelatihan kuda kepang. Sehingga kesenian yang ada diwilayah kecamatan Pituruh akan lebih eksis dan berkembang, yang terutama nguri-uri budaya yang ada.

Pelatihan ini juga tidak hanya di Pituruh, Sanggar Seni Pragata sekup tanggungjawabnya ada dibeberapa wilayah, ini hanya sebagai awalan saja untuk meningkatkan semangat pecinta seni dan budaya. 
Peserta pelatihan kuda kepang
Pelatihan ini digelar selama 4 hari, namun jika 4 hari tidak mencakup akan ditambah, " ujarnya.

Berharap setelah pulang pelatihan ini, digrup masing-masing bisa menularkan ilmunya dan melatih digrupnya masing-masing. 

Dikatakan peserta, kegiatan ini sangat membantu sekali. Sebelum diadakannya kegiatan pelatihan, sudah mengadakan musyawarah secara interen untuk mengadakan pelatihan ini, sehingga sudah menjadi keputusan bersama, dengan perlunya pengembangan kuda kepang yaitu melalui pelatihan " pungkasnya. (pr)

Iklan

×
Berita Terbaru Update