Notification

×

Iklan

Mahasiswa UMP Kreasikan Serabut Kelapa Menjadi Tas Cantik

Monday, 15 July 2019 | 07:07 WIB Last Updated 2019-07-15T00:34:52Z
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo program studi pendidikan matematika berhasil meciptakan tas berbahan dasar limbah serabu kelapa dan kain perca.

Berawal dari keprihatinan terhadap limbah serabut kelapa yang banyak dijumpai di Kabupaten Purworejo, terutama di Desa Tambakrejo. Tas yang mereka buat diberi merk “TALI KARSA” yaitu singkatan dari Tas Limbah Kain Perca dan Serabut Kelapa.
Proses pembuatan tas
Dikatakan, Farichatun Chasanah ketua tim "Tali Karsa"tas yang didesain ini memiliki fungsi tas pada umumnya. Dengan desain-desain yang cantik dapat digunakan dalam beberapa acara diantaranya seperti untuk pergi kekampus, kondangan, liburan, serta acara resmi lainnya. Sementara tas yang kami buat seperti sling bag, totte bag, dan tas punggung.

Selain Farichatun, tas tali karsa dikembangkan bersama empat anggota tim lainnya yaitu, Novita, Hariyanti, Hafidah, dan Gita. Kelima orang mahasisa ini tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) dengan mengembangkan inovasi produk bisnis dengan mendesain tas yang ramah ligkungan.
pemilahan serabut kelapa
Hafidah salah satu tim anggota "Talikarsa" mengatakan, produk ini dibuat dengan bahan yang terpilih, desain yang fashionable, dan pilihan kombinasi kain perca yang selaras.

Sementara untuk pemasaran produk tas "Tali Karsa" ini melalui media online seperti FB, WA, dan Instagram  dan secara langsung oleh anggota tim. 

"Harapannya, produk yang kreasikan mereka, bisa ikut mendukung program pemerintah dalam menjaga lingkungan dengan mengurangi limbah yang ada di lingkungan sekitar. " ungkapnya Minggu, 14/07/2019.
Produk tas serabut kelapa "Tali Karsa"
Mereka juga berharap kepada masyarakat untuk kreatif dalam memanfaatkan limbah yang ada disekitar rumah mereka menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual tinggi.

Ditambahkan, bisnis tas "Tali Karsa" ini memang sangat menjanjikan, jadi kami akan terus melanjutkan bisnis ini dengan memberikan inovasi terhadap produk kami.

Rencana kedepannya kami juga akan melatih ibu-bu rumah tangga di desa kami untuk terlibat dalam bisnis ini” tutur ketua tim TALI KARSA.

“Potensi pasar kerajinan tas limbah masih cukup luas baik di kabupaten purworejo maupun kabupaten lainnya.” tambah Novita.
Tas Tali Karsa karya mahasiswa UMP
Selain itu, Kabupaten Purworejo sendiri merupakan kota berbatasan langsung dengan kota Yogyakarta sebagai salah satu kota pariwisata di Indonesia. Sehingga sangat mendukung berkembangnya industri kerajinan tas.

Keunggulan dan keunikan yang dimiliki produk tali karsa adalah menarik dari desain, bercorak khas, dan bernuansa etnik,

Tali Karsa ini merupakan produk yang kreatif dan ramah lingkungan dengan bahan baku berupa seraut kelapa yang sangat murah dan mudah didapat sehingga harga yang ditawarkan kepada konsumen cukup terjangkau dan dapat merangkul semua lapisan masyarakat, " pungkasnya. (lt)
×
Berita Terbaru Update