Notification

×

Iklan


Warga Desa Pituruh Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW Dengan Tradisi Rolasan

Minggu, 10 November 2019 | 08:14 WIB Last Updated 2019-11-10T01:14:53Z
PITURUH, (pituruhnews.com) -  Berbagai tradisi untuk memperingati maulid, digelar di berbagai tempat khususnya masyarakat di Kecamatan Pituruh, Sabtu, 09/11/2019.

Bertepatan dengan tanggal 12 rabiul awal (kalender jawa) dan mulud (kalender hijriah)  masyarakat di desa-desa kecamatan Pituruh mengadakan tradisi rolasan. Dikecamatan Pituruh sebagian besar peringati dilakukan dengan tradisi panggang ayam, bendol, sapitan dan tenong.
ayam panggan
Dikatakan, Kepala Desa Pituruh Akhmad Anwar tradisi panggang ini merupakan sudah menjadi tradisi budaya lokal kecamatan Pituruh khususnya, tidaknya kecamatan Pituruh bahkan lingkup kabupaten Purworejo.

Isi dari tradisi rolasan ini yaitu nasi, jenang merah, ketan putih, pisang ambon, dan ayam panggang. Namun ada juga beberapa desa yang isinya lebih lengkap  dengan ditambahkan aneka kerupuk/opak, acar/lalaban, brongkos/osengan mie.

"Tradisi ini sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, atas kelahiran Nabi Muhammad SAW yang mana sudah membawa umatnya kejalan yang benar, " ucapnya.

"Antusias masyarakat desa Pituruh dari tahun ke tahun semakin meningkat, ikut merayakan atas kelahiran Nabi Muhammad SAW. Berharap masyarakat desa Pituruh kedepan lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, " pungkasnya.

Reporter : Purnomo
Editor : Luthfi

Iklan

×
Berita Terbaru Update