SMK PATRIOT Pituruh Gelar Latihan Penanggulangan Bencana

Advertisement
PITURUH, (pituruhnews.com)SMK Patriot Pituruh bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Purworejo (BPBD) menggelar kegiatan Latihan dan Simulasi Penanggulangan Bencana selama tiga hari mulai tanggal 10 Februari - 12 Februari 2020.

Selain, bekerjasama dengan itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Purworejo (BPBD), SMK Patriot Pituruh juga menggandeng PMI Purworejo. 
penyelamatan korban simulasi bencana
Wilayah Kecamatan Pituruh merupakan salah satu wilayah di kabupaten Purworejo yang rawan terjadi bencana alam, khususnya tanah longsor. Hal ini didasari olek letak geografis Kecamatan pituruh yang sebagian wilayahnya adalah daerah dataran tinggi atau pegunungan.

Acara ini dibuka oleh Kepala SMK Patriot Pituruh yang di hadiri olek Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purworejo, Drs. Sutrisno M.Si, Perwakilan dari PMI Purworejo, serta para pembina dari SMK Patriot Pituruh.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purworejo, Drs. Sutrisno M.Si mengatakan sangat mendukung atas adanya kegiatan seperti ini,  apalagi untuk daerah di Kecamatan Pituruh yang merupakan daerah paling barat di Kabupaten Purworejo merupakan daerah rawan bencana terutama longsor.

"Wilayah kecamatan Pituruh belum ada tim SAR sehingga kegiatan pelatihan dan simulasi ini sangat bermanfaat khususnya di kecamatan Pituruh untuk kedepannya. " ucapnya.
pemaparan materi siswa
H. Haryoto, M.Pd Kepala Sekolah SMK Patriot Pituruh menambahkan pelaksanaan pelatihan penanggulangan bencana alam dengan tujuan agar siswa mempunyai kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya bencana alam Daerah Pituruh.

"Kegiatan ini diharapan dapat menjadikan salah satu pengabdian dunia pendidikan pada masyarakat. " ucapnya.

Ia menambahkan bahwa tujuan dari Latihan Penanggulangan Bencana Alam ini untuk meningkatkan kemampuan siswa ketika menghadapi bencana. Mengharap agar dengan adanya latihan ini dapat meningkatkan koordinasi, komunikasi,dan sinergitas antar seluruh unsur yang terkait dalam penanggulangan bencana alam.
simulasi
Sementara itu, Arif Sastwolangi, S.Pd Waka Kesiswaan SMK Patriot Pituruh juga mengatakan bahwa latihan ini dilaksanakan selama tiga hari dan dibagi menjadi dua tahap.

"Tahap pertama dilaksanakan selama satu hari dengan materi pembekalan teori, untuk tahap kedua selama dua hari berupa praktek dan simulasi bencana, " jelas Arif.

"Peserta yang mengikuti latihan ini sebanyak 30 siswa, peserta nantinya akan dijadikan im inti dalam  penanggulangan bencana dari SMK Patriot Pituruh. Dengan tema Tanggap, Tangguh, Tangkas." pungkasnya. (lut)
Baca Juga
Advertisement
Advertisement