-->

Notification

×

Iklan


TIPS POLA MAKAN YANG SEHAT UNTUK TUBUH YANG FIT

Friday, 10 July 2020 | 08:36 WIB Last Updated 2020-07-10T01:36:18Z
Selamat Pagi, sobat Pituruh News kali ini kita akan berbagi tips seputar kesehatan, Bagaimana sih mengatur pola makan sehat agar tubuh kita tetap dalam keadaan kesahatan, fit dan bugar ? 

Tampak sepele cara menjaga kebugaran tubuh, namun pola makan sehat sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan tubuh. Makan bukan sekedar kenyang akan tetapi makan menjadi kegiatan nutrisi tubuh agar tetap sehat serta membantu proses pengganti sel sel yang rusak. 

Dijaman now ini, pola makan sehat yang menjadi rutinitas kerap menjadi tantangan besar karena keterbatasan waktu untuk memasak, padatnya pekerjaan, kemudian menunda jam makan hingga ketergantungan pada makanan cepat saji adalah beberapa masalah yang kerap dihadapi. 

Namun demikian kita tetap harus menerapkan pola hidup sehat  diantaranya seperti :
1. Selalu Sarapan
Orang yg selalu sarapan mendapat vitamin dan mineral lebih baik. Dan orang yang rutin sarapan akan lebih energik dan tidak mudah lelah. Jadi sempatkan sarapan setiap pagi ya teman-teman.

2. Makan "Real Food" 
Konsumsi makanan yang alami seperti sayur, buah2an, beras, telur, ikan, kacang2an atau yang sering kita sebut dengan menu 4 bintang. Jenis makanan ini menyumbang serat, lemak baik, mineral maupun vitamin bagi tubuh. Dan hindari makanan cepat saji. 

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Minum air putih yang cukup mampu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mengontrol kalori hingga menurunkan berat badan. Penuhi kebutuhan air untuk tubuh dengan konsumsi 2liter atau setara 8 gelas perhari.
4. Tidak Melewati Jam Makan
Padatnya kesibukan harian jangan pernah dijadikan alasan untuk menunda jam makan. Makan tepat waktu akan banyak memberi manfaat bagi tubuh. Diantaranya mencegah penurunan metabolisme tubuh. Dan telat makan bisa menyebabkan perubahan suasana hati yang cukup ekstrem.

Karena menurut pakar perilaku nafsu makan Paul Currie, bahwa rasa kelaparan dapat mendorong seseorang untuk menjadi emosional. Teman-teman pasti pernah mengalaminya bukan? 😄

5. Kurangi Konsumsi Garam
Menurut penelitian, kelebihan sodium/garam bisa meningkatkan tekanan darah dan resiko terkena penyakit jantung dan serangan stroke. Sodium bnyak diperoleh biasanya dari makanan cepat saji salah satunya junk food. 

Kelebihan sodium ditandai  dengan gejala seperti cepat haus., selalu terbayang rasa gurih hingga dehidrasi. Oleh karena itu kurangi sodium dari menu utama atau cemilanmu. Masak sendiri bisa menjadi cara yang terbaik untuk kita tetap bisa makan-makanan yang sehat.

Penulis : Dewi Yuniastuti
Editor : Luthfi
×
Berita Terbaru Update