Notification

×

Iklan

Melihat Prospek Kerja Humas Kini Dan Nanti

Sunday, 4 October 2020 | 18:35 WIB Last Updated 2020-10-04T12:00:48Z

ilustrasi google

Hubungan masyarakat atau Public Relation (PR) merupakan salah satu bagian dari kajian Ilmu Komunikasi yang berkembang dengan pesat. Seperti yang kita ketahui, hampir di semua lembaga dan perusahaan memiliki Humas guna pencapaian tujuan lembaga atau perusahaan tersebut. Kemudian muncul pertanyaan tentang siapa itu Humas dan bagaimana dengan prospek kerja kedepannya?

Seorang ahli teori PR yang menulis beberapa buku, artikel, bab, dan penghargaan dalam bidang Hubungan Masyarakat, James E. Grunig, mengartikan Humas sebagai kegiatan manajemen komunikasi antara sebuah organisasi dengan berbagai macam publiknya. Dalam pengertian itu, dapat diambil kata kunci tentang Humas, yaitu: manajemen, komunikasi, organisasi, dan publik. Empat kata kunci inilah yang selanjutnya merupakan elemen dasar untuk memahami semua kegiatan.


Humas dan manajemen seakan menjadi dua hal yang serasi dan dapat disatukan. Melihat berbagai perusahaan dan lembaga mulai sadar akan pentingnya prakrik-praktik kehumasan dalam manajerial organisasi sehari-hari. Dalam hal ini, dapat diartikan bahwa Humas dapat menerapkan fungsi manajemen dalam mengaplikasikan aspek-aspek manajemen seperti identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi kegiatan komunikasi antara organisasi dengan publiknya.


Masuk ke dalam rumpun ilmu komunikasi, Humas juga dapat dikatakan sebagai mediator antara perusahaan atau organisasi kepada masyarakatnya. Menjadi perantara antara pihak internal instansi atau perusahaan kepada pihak eksternal yang akan melahirkan komunikasi dua arah. Selain dituntun untuk bisa melakukan persuasi atau memengaruhi seseorang, seorang PR juga harus bisa menampung aspirasi masyarakat dan mengikuti perkembangan opini publik.


Oleh karena itu, seorang PR profesional akan terbentuk mulai dari bagaimana ia dapat membangun karakter dalam diri. Karena seorang Humas akan menjadi sebuah wajah atau citra bagi suatu instansi atau perusahaan yang dibawahi olehnya.


Komunikasi akan selalu dibutuhkan dalam berbagai masa. Prospek kerja jurusan Humas juga akan selalu dicari. Seperti halnya saat pandemi seperti sekarang ini. Semua orang saling bersinergi bersama-sama menyebarkan komunikasi positif di tengah masyarakat.


Tak lain hal nya ketika berkuliah di jurusan Hubungan Masyarakat, yang dilatih menjadi seorang PR profesional nantinya. Seperti yang dilakukan HM Vokhum UI yang mengadakan lomba PR Action dan webinar dengan tema Komunikasi Positif di Tengah Pandemi Covid-19. Dengan komunikasi yang baik, kita dapat saling berbagi rasa dan mendukung satu sama lain.


Tujuan penting dari komunikasi sendiri adalah tersampaikannya sebuah informasi dari komunikan kepada pendengar. Berkuliah di jurusan Hubungan Masyarakat tidak hanya bisa menduduki posisi Humas dalam sebuah instansi, pemerintahan, maupun perusahaan swasta. Tetapi bisa di berbagai bidang, layaknya lulusan komunikasi yang lainnya.


Lulusan Humas bisa menjadi seorang jurnalis ataupun penulis. Kedua pekerjaan yang akan selalu ada dan tidak akan tertelan zaman. Berbekalkan komunikasi yang terasah, terbiasa mengetahui berbagai perkembangan berita maupun opini publik dan sudah terlatih membuat suatu kepenulisan, membuat lulusan Humas bisa berkecimpung di dunia jurnalis dan kepenulisan.


Menjadi analisis dan pengamat dapat menjadi pilihan pekerjaan lain untuk seorang lulusan Humas. Menjadi seorang analisi atau pengamat tentu memiliki prospek karir yang cemerlang. Demikian pula dengan menjadi seorang penyuluh. Berbekalkan kemampuan berkomunikasi tentu akan mendukung lulusan Humas untuk bekerja sebagai analisis maupun penyuluh.


Menjadi Master of Ceremony atau MC menjadi salah satu pekerjaan yang sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa lulusan komunikasi. Selain itu, lulusan Humas juga bisa membuat Wedding Organizer ataupun Event organizer. Merencanakan dan membuat sebuah acara tentunya sudah menjadi makanan sehari-hari seorang PR. Dengan berbagai keadaan dan tantangan seperti sekarang ini. Seorang Humas juga diharuskan memiliki jiwa kreatifitas yang besar untuk bisa memaksimalkan kinerja di setiap event.


Dalam kemajuan teknologi seperti sekarang ini, seorang Humas juga dituntut untuk menjadi seorang yang tidak hanya ahli berkomunikasi secara langsung, akan tetapi juga terbiasa berkomunikasi di media masa dan tentunya, kedua hal tersebut juga akan dipelajari mahasiswa jurusan Humas semasa kuliah.


Memilih jurusan Hubungan Masyarakat di perkuliahan akan mengantarkan ke bidang-bidang dunia kerja yang sangat menjajikan. Berbagai macam pekerjaan di atas menjadi salah satu buktinya. Prospek kerja lulusan Humas kini maupun nanti akan selalu ada dan terus berkembang.

Daftar Pustaka


Puspa, Ratih. Pengertian Pengertian-pengertian Dasar Hubungan Masyarakat, diakses dari http://repository.ut.ac.id/4411/1/SKOM4103-M1.pdf


Kriyantono, Rachmat. 2014. Manajemen Citra, diakses dari file:///C:/Users/user/Downloads/MANAJEMEN-CITRA-baru.pdf


Stefanie Chandra, Fransisca. 2018. 5 Alasan Kenapa Bekerja Menjadi PR itu Tepat, diakses dari https://www.idntimes.com/life/career/fransisca-stefanie-chandra/alasan-kenapa-bekerja-jadi-public-relations-adalah-pilihan-tepat-c1c2/5


Nurrahmi, Sharra. 2019. Apa Kamu Udah Tahu Job Desc Public Relations atau Humas? diakses dari https://www.finansialku.com/job-desc-public-relations/


Waspodo, Suko. 2019. 6 Modal Publi Relations, diakses dari https://www.kompasiana.com/sontoloyo10521/5c5ec3b2677ffb36177d06b6/4-model-public-relations?page=all




Oleh: Lulu Il Asshafa

Iklan

×
Berita Terbaru Update