Notification

×

Iklan

Dampak Pembelajaran Daring terhadap Prestasi Siswa di Masa Pandemi

Monday, 20 December 2021 | 18:28 WIB Last Updated 2021-12-20T11:30:36Z

 


Saat ini virus Covid-19 masih merajalela dan memberikan dampak khususnya di dunia pendidikan yang mengakibatkan di sekolah- sekolah maupun di perguruan tinggi melakukan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring (dalam jaringan) akan berdampak khususnya di dunia pendidikan. Mulai dari anak Paud, TK, SD, SMP, SMA, sampai jenjang Perguruan Tinggi khususnya di daerah Kabupaten Purworejo. Adanya wabah Covid-19 akan menghambat proses kegiatan belajar yang dilakukan secara langsung karena, wabah ini bisa menularkan virus kepada manusia secara cepat. Sistem pembelajaran dalam jaringan adalah proses pembelajaran yang dilakukan didalam jaringan atau proses pembelajaran yang dilakukan secara online yang diakses menggunakan internet dan bisa di akses di rumah yang menggunakan beberapa aplikasi yang dipakai seperti google classroom, zoom, google meet, quiziz, dan lain-lain. Berdasarkan data pengamatan, siswa mengalami kenaikan hasil belajar selama pembelajaran daring. Kenaikan hasil belajar disebabkan karena siswa mendapatkan bantuan menyeluruh dan langsung dari orangtua dan keluarga yang bisa mendampingi anaknya saat belajar. Pembelajaran daring sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa, yaitu siswa merasa bosan dan penat karena,tidak bertemu secara langsung dengan teman-temannya dan tidak bertemu dengan Bapak/Ibu guru.  Dengan cara yang seperti ini akan berdampak negatif terhadap perkembangan siswa yaitu:

a.       Siswa tidak peduli dengan tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru

Dampak pembelajaran daring ini, menjadikan siswa tidak peduli dengan tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru. Hal ini disebabkan karena siswa yang malas dalam mengerjakan tugasnya.

b.      Siswa menjadi pribadi yang tidak mandiri

Dampak pembelajaran jarak jauh menyebabkan siswa menjadi pribadi yang tidak mandiri. Siswa banyak menggantungkan diri terhadap bantuan orang lain dan teman-temannya yang menyebabkan siswa kurang mandiri.

c.       Siswa kurang bersosial

Dengan adanya pembelajaran daring ini, siswa melakukan sesuatu di rumah seperti belajar dirumah, mengerjakan tugas dirumah, dan lain-lain. Hal ini akan berdampak siswa yang jarang keluar rumah karena tugas. Hal tersebut dapat mengakibatkan siswa yang kurang bersosial dengan lingkungan dan masyarakat.

Dengan hal seperti itu akan memberikan tantangan terhadap bapak/ibu guru. Oleh karena itu, bapak/ibu guru dituntut untuk memberikan solusi yang tepat, yaitu dengan membuat media pembelajaran yang menarik dan berinovasi dengan cara memanfaatkan media online supaya siswa tidak mudah bosan dalam belajar kemudian sekolah membuat kebijakan lebih supaya siswa menjadi siswa yang mandiri. Misalnya dengan membuat video virtual yang tugasnya dikerjakan oleh siswa sendiri bukan berasal dari bantuan orang lain . Selain itu juga dengan cara menanamkan prinsip kejujuran dan prinsip kemandirian pada siswa.

Penulis:

Aminatul Mardiyah

Prodi PGSD

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Universtas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update