Notification

×

Iklan

Masa Pademi Covid-19 Mengurut Dada

Wednesday, 15 December 2021 | 17:44 WIB Last Updated 2021-12-15T11:17:44Z

ilustrasi/google
Dunia pascapandemi tampak berbeda dari sebelumnya karena itu akan menjadi suatu dunia yang penuh dengan restriksi atau pergerakan barang dan jasaa. Covid -19 yang sangat menyodorkan tentang adanya suatu gambaran atas kelangsungan tentang dunia pendidikan dimasa depan. Dengan adanya teknologi peran guru tergantikan oleh suatu adanya teknologi tersebut yang sangat cangih.Dengan adanya teknologi  tersebut dapat berinteraksi belajar dengan antara pelajar dan pengajar dengan adanya suatu edukasi dan hanya bukan sekedar  mendapatkan suatu pengetahuan tetapi tentang adanya  nilai guna  kerjasama suatu kompetensi.


Keadaan pademi saat ini menjadi suatu tantangan tersendiri bagi aktifitas setiap siswa dalam megunakan suatu teknlogi untuk dapat mengembangkan dunia pendidikan. Pademi saat ini menjadikan suatu tantangan dalam membeberkan  kreativitas terhadap pemakian teknologi bukan hanya sekedar pengetahuan tetapi juga bagaimana dengan memberikan pembelajaran tatap muka dengan menyampaikan suatu materi dengan baik. Dengan waktu yang bersamaan kesempatan bagi siswa baik dari nol kecil hingga yang dewasa dengan adanya teknologi menjadi suatu kesempatan yang dapat juga membatu membawa waktu mahasiswa dan pelajar yang masih penting  dalam suatu pembelajaran secara mandiri dengan edukasi.


Selain itu di masa pademi juga dapat melatih serta menanamkan  suatu kebiasaan menjadi pembelajaran dengan secara mandiri dengan melalui berbagai kelas daring seperti google clasroom, google  meet, google form zoom dll. Selain itu mahasiswa juga dapat berkerja sama antar mahasiswa satu dengan mahasiswa yang lain,tidak hanya itu saja situasi ini bukan sekedar hanya menjadi tantangan bagi semua mahasiswa,tidak hanya itu namun para dosen atau guru pun perlu juga bahwa memastikan mahasiswa juga dapat memahami suatu materi pembelajaran yang disampaiakan. Dalam hal ini merupakan suatu tantangan besar karena di dalam kodisi seperti ini guru pun dituntut untuk mengolah suatu materi pembelajaran dengan mengatisipasi kebosanan siswa dalam belajar.


Pembelajaran daring ini menjadi suatu tantangan bagi dunia pendidikan. Dengan cara bagaimana teknologi tersebut dapat digunakan,dan bagaimana teknologi tersebut dengan adanya penyediaan akses internet pada disuatu daerah-daerah terpencil.


Bukan hanya itu saja dalam suatu penerapan belajar online tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan belajar yang di picu oleh adanya beberapa faktor, yang pertama yaitu adanya siswa yang belum memiliki gadget. Hal ini juga merupakan suatu tantangan besar bagi siswa dan tak terkecuali bagi orang tua karena orang tualah yang harus dituntut untuk mendampingi siswa dalam proses belajar daring,dengan adanya realita tidak sedikit pula ada orang tua yang tidak  paham tentang pengunaan teknologi,hal ini akan menghambat keaktifan siswa dalam proses belajar online.


Akibat kurangnya interaksi langsung atara guru dan siswa otomatis kurang internalisasi tentang nilai-nilai karakter siswa.


Dibalik kesedihan seluruh belahan dunia ini kita harus mampu mengambil hikmah dari pademi covid-19 ini. Mungkin saja datang sebagai ujian untuk kita semua.

Penulis : Fariski Julianti

Iklan

×
Berita Terbaru Update