Notification

×

Iklan

MBS Purworejo Berhasil Borong Juara OlimpiAD Tingkat Propinsi

Sunday, 26 December 2021 | 07:00 WIB Last Updated 2021-12-26T00:00:00Z

Foto/Pemenang lomba bersama Direktur MBS (tengah)

PITURUH, (pituruhnews.com) - Pondok Pesantren Modern Muhamadiyah Boarding Scholl (MBS) Purworejo yang menaungi SMP dan SMA ini, berhasil meraih juara 1 kejuaraan Web Designer, juara 2 lomba News reading Bahasa Inggris, dan juara 3 lomba Pidato Bahasa Arab.


Pondok Pesantren Modern Muhamadiyah Boarding Scholl (MBS) Purworejo, Ustadz Abdurrokhman Trisna Saputra, S.Hum., M.H., mengatakan kegiatan yang dihelat oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM Jawa Tengah itu diikuti oleh 3.532 peserta dari seluruh kabupaten/Kota di Jawa Tengah dan memperebutkan 44 kejuaraan. Babak final lomba diselenggarakan di Universitas Muhamadiyah Semarang (Unimus) pada tanggal 20 -23 Desember 2021 kemarin.


“Alhamdulillah, meskipun persaingannya luar biasa, kita berhasil meraih juara 1, 2 dan 3 untuk tiga cabang kejuaraan yang kita ikuti. Walaupun belum puas, tapi kami bersyukur karena pengalaman dan pembelajaran santri untuk berjuang dalam lomba jauh lebih berharga dari pada pialanya,” ujar Abdurrokhman.

para juara saat di OlimpiAD terima piala
Ia menambahkan bahwa selain memenangi OlimpiAD tingkat Propinsi, santri MBS juga memenagi Lomba MTQ Pelajar Tingkat Kabupaten yang diselnggarakan pada tgl 7 November 2021. Meraih juara 1 lomba tahfidz 1 juz dan tilawah SMP Putra, juara 2 lomba tahfidz 5 juz dan tilawah SMA Putra, dan juara 3 lomba Tartil al Quran SMA putri.


Hal serupa juga dikatakan oleh  Ketua Pengurus Daerah Muhamadiyah (PDM) Purworejo, Drs. H. Pujiono, saat menyambut para juara OlimpiAD bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kesuksesan MBS di kejuaraan itu.


“Sekolah-sekolah Muhamadiyah itu tumbuh button up. Dan dari sisi kekuatan sarana dan daya dukung tentu tidak sama. Tetapi mareka masing-masing punya kelebihan dan kekhususan. Dan ini harus ditingkatkan dan ditawarkan kepada masyarakat. Apalagi banyak universitas baik negeri maupun swasta sekarang sudah memberikan beasiswa khusus untutuk para santri dan penghafal Qur’an,” ujarnya memotivasi para juara lomba dan Ustadz MBS saat memberikan uang pembinaan di kantor PDM setempat, Jum’at 24/12 kemarin.

Ketua PDM bersama para juara & ustadz pendamping
Direktur MBS Purworejo, Ustadz Abdulah Sutrisno, S.PdI., mengatakan bahwa fokus pendidikan di Pesantren MBS adalah menjadikan para santri sebagai ulama yang intelektual dan berkemajuan, yang tidak hanya menghafal isi kitab-kitab, tapi juga paham ilmu science, bahasa asing, komputer, kesehatan, ekonomi dan sosial.


“Kita ingin umat Islam tidak hanya jadi objek tapi bisa menjadi pelaku pembangunan. Dan alhamdulillah, Muhamadiyah dari awal memang berdakwah dengan gerakan Islam berkemajuan dengan membangun rumah sakit, sekolah, universitas, panti asuhan dan amal usaha lain untuk melayani umat dan memberi sumbang sih bagi negara. Untuk Muhamadiyah Cabang Pituruh sementara kita mengelola TK, SMP, SMA, Pesantren dan klinik PKU,” kata Sutrisno.


Salwianto, M.Pd., guru pembimbing lomba English News Reader juga mengatakan bahwa ke depan pihaknya akan memberi penguatan para santri di bahasa Inggris. 


“Di MBS bahasa Arab sudah dijadikan sebagai bahasa percakapan harian santri. Kita ingin memberi mereka penguatan di Bahasa Inggris untuk pidato dan percakapan, semoga kemenangan English News Reader ini bisa menambah motivasi mereka,” tutupnya.(PN/SW)

Iklan

×
Berita Terbaru Update