Notification

×

Iklan

Perlunya Kerjasama Untuk Menigkatkan Kesuksesan Belajar Siswa

Friday, 24 December 2021 | 16:56 WIB Last Updated 2021-12-24T09:58:48Z

ilustrasi/google

Pandemi Covid-19 yang telah menyebar di seluruh dunia, berdampak pada kehidupan masyarakat di berbagai negara. Adapun dampak buruk dari penyebaran Virus Covid-19 ini menghatam  berbagai sektor di Indonesia, baik dari sektor ekonomi, sektor pariwisata, dan sektor transportasi. Semakin menyebarluasnya Virus Covid-19 ini menyebabkan kegiatan pendidikan di Indonesia pun mengalami perubahan secara besar-besaran.

  Dunia pendidikan kini memiliki wajah dan sistem baru, dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Pandemi Covid-19 ini menuntut semua warga masyarakat kususnya di bidang pendidikan ini untuk bisa mengoperasikan teknologi untuk kegiatan belajar. Kegiatan belajar megajar yang menggunakan bantuan teknologi tersebut akibat dari pandemi Covid-19 ini telah memberikan gambaran dunia pendidikan di masa depan. Namun perlu di ingat bahwa kegiatan belajar ini juga masih membutuhkan peranan seorang guru dalam proses belajar mengajar. Perlunya kerja sama antara orang tua dengan guru, dan kerja sama antara orang tua dengan siswa.

Pengguanan teknologi sebagai alat bantu belajar memanglah memudahkan siswa untuk belajar dengan mandiri seperti dapat mengakses materi pembelajaran dari manapun sumber pengetahuan di platfom internet. Namun, dalam pengoperasian tekonolgi seperti gawai untuk anak sekolah khususnya anak Sekolah Dasar (SD) perlunya pemantau dari orang tua siswa tersebut agar tidak timbulnya efek negatif dari pengunaan gawai secara terus menerus. Efek negatif dari penggunaan gawai tanpa pengawasan dan jadwal pemakaian antara lain dapat menyebabkan kecanduan seperti kecanduan bermain game, membuat anak cenderung lebih malas untuk belajar. Dampak lain dari pembelajaran secara daring yaitu tidak semua anak memiliki gawai untuk belajar jarak jauh dan akses internet yang kurang memadahi saat proses belajara mengajar, sehingga menyebabkan pembelajaran tersebut kurang evektif.

Namun selain dampak negatif dari pembelajaran secara daring, ada juga dampak positif yaitu antara lain :

a.       Memincu percepatan transformasi pendidikan

b.      Banyak munculnya aplikasi pembelajaran online

c.       Munculnya kreativitas tanpa batas

d.      Kolaborasi orang tua dengan guru dan kolaborasi orang tua dengan siswa

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa untuk menentukan kesukesan belajar dari siswa dalam dunia pendidikan ini kita perlunya suatu kerjasama yang perlu kita perhatikan yaitu, kerjasama orang tua dengan guru, kerjasama orang tua dengan siswa, dan kerjasama guru dengan siswa.

Penulis Dwi Nursanti

Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Iklan

×
Berita Terbaru Update