Notification

×

Iklan

Dampak Pandemi pada Pendidikan Masa kini

Friday, 24 December 2021 | 17:02 WIB Last Updated 2021-12-24T10:02:59Z

 

Adanya pandemi Memberikan perubahan di segala bidang, salah satunya pada pendidikan. Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang begitu besar bagi pendidikan di indonesia. Pendidikan era Pandemi diiringi dengan perkembangan Teknologi yang semakin meningkat. Diantarannya adalah munculnya Google classroom, Zoom, Google Meet dan lainnya sebagai sarana penunjang kegiatan pembelajaran. Guru yang sekirannya kurang memahami teknologi yang berbau digital di tuntut untuk dapat memahami hal tersebut, Bahkan orang tua turut serta dalam mengambil peran sebagai guru kedua di rumah disaat anak-anak mereka melakukan pembelajaran jarak jauh atau daring. Terkadang anak malas belajar dikarenakan pembelajaran yang dilaukan secara daring sangat membosankan dan membuat dirinya asal-asalan dalam mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru, karena mereka kurang memahami tugas yang diberikan dan bingung ingin bertanya atau sekedar ingin meminta penjelasan singkat mengenai materi yang mereka dapatkan.

Banyak anak yang merasa sulit dalam menangkap materi jika pembelajaran yang di lakukan secara daring, karena pada anak tingkat dasar peran guru amatlah besar. Ditingkat dasar guru sebagai jembatan siswa untuk memerima atau memberika arahan kesiswa mengenai suatu informasi. Adanya pembelajaran yang di lakukan secara daring banyak anak yang tinggal kelas atau tidak naik di karenakan hilangnya sosok guru dalam peran pengajar karena pembelajaran yang mereka lakukan secara daring membuat siswa menjadi jauh dari guru mereka.

Kini adanya pemberian vaksin untuk seluruh lapisan masyarakat di indonesia memberikan sedikit perubahan pada pendidikan yang dulunya daring sekarang menjadi pertemuan tatap muka terbatas, hal ini sangat bermanfaat sekali bagi siswa-siswa karena mereka akan medapatkan bimbingan secara langsung oleh guru mereka dan juga guru tidak akan kehilangan peran mereka sebagai pendidik.

Penulis : Rosita Rahmawati/Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo


Iklan

×
Berita Terbaru Update