Notification

×

Iklan

Permasalahan Teknologi Dengan Sosial

Monday, 27 December 2021 | 18:55 WIB Last Updated 2021-12-27T11:55:04Z

 

Pada era globalisasi saat ini kemajuan zaman berkembang dengan pesat. Salah satu perkembangan yang meningkat drastis yaitu pada bidang teknologi dan informasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi merupakan suatu arus yang tidak dapat kita bendung. Dengan teknologi kita dapat memperoleh informasi yang tidak ada batasnya, bahkan mampu menjangkau titik jauh dengan hitungan menit atau detik sekalipun. Sekarang informasi bukan suatu hal yang mahal dan sulit didapatkan, melainkan bisa kita akses dengan mudah. Jadi waktu dan jarak tidak menghambat berlangsungnya proses informasi dengan cepat.

Dalam satu sisi hal ini merupakan sesuatu yang memudahkan kehidupan manusia. Banyak dampak positif yang menguntungkan, contohnya seperti dulu kita kesulitan untuk menonton tv, menyaksikan berita, mendengarkan radio, mengakses berbagai informasi, mengirim surat, belum adanya transportasi umum dan lain-lain. Akan tetapi sekarang hal tersebut bukan sesuatu yang sulit diperoleh. Hanya dengan bekal internet kita bisa mengakses semua informasi termasuk berita, film, memesan makanan, transportasi dan sebagainya. Tidak perlu pergi cukup di rumah atau dimanapun kita berada, sehingga tidak memakan waktu yang lama. Dengan begitu kita tidak susah payah membuang energi karena dari teknologi saat ini membantu pekerjaan manusia sehingga menghemat tenaga dan pikiran.

Selain itu teknologi juga tentang lingkup kehidupan pribadi. Mulai dari yang dulu mengantri untuk mengambil uang di bank misalnya sekarang cukup dengan satu tombol dapat menyelesaikan urusan yang kita miliki. Contoh tersebut menunjukkan bahwa teknologi dan informasi mudah masuk dalam ruang privat manusia. Rangkaian arus globalisasi yang mengalir tentu mengandung suatu unsur yakni menambah wawasan  bagi seseorang yang mengaksesnya. Manusia bukan lagi seperti katak yang terperangkap dalam tempurung melainkan dapat mengetahui semua yang terjadi di luar daerahnya. Dengan bantuan macam-macam teknologi seperti handphone, televisi, radio, laptop, komputer, media masa cetak seperti koran, majalah, buku masyarakat dapat berinteraksi dengan dunia luar yang mungkin terbatas jika dilakukan secara langsung. Seperti pergi ke luar negeri untuk melihat kebudayaan mereka, berbeda apababila melalui jaringan internet masyarakat cukup berdiam diri dan mengisi paket data untuk menonton kebudayaan manca negara dari telepon genggam. Disisi lain hal ini juga menghemat biaya.

Munculnya alat-alat komunikasi dan media teknologi lainnya tentu mempunyai daya dan dampak eksplor terhadap manusia yang mengakibatkan kerugian. Bukan berarti semua dampak positif yang kita harapkan bisa terwujud. Semua bersifat fleksibel dimana terjadi pasang surut keuntungan dan kekurangan dari teknologi tersebut. Manusia sebagai pelaku utama dalam kehidupan pasti berperan aktif dalam upaya pencegahan dampak negatif yang terjadi akibat globalisasi.  Secara tidak langsung, zaman dan teknologi telah merubah pola dan sistem kehidupan sosial masyarakat. Pertumbuhan teknologi memberi dampak yang sangat besar bagi kehidupan sosial manusia. Beragam jenis perkembangan teknologi yang sedikit demi sedikit kian menghilangkan kebudayaan asli. Hal tersebut dapat ditinjau dengan berbagai perubahan yang memicu setiap individu untuk mengikutinya. Pada masanya kebudayaan tradisional akan tergantikan dengan kebudayaan yang modern. Maka manusia sebagai makhluk sosial harus pandai memilah, memilih, dan menyaring semua kebudayaan dari perkembangan teknologi dan informasi yang melahirkan budaya baru.

Kontak sosial manusia terhadap budaya modern mengakibatkan dampak negatif diantaranya melahirkan manusia yang cenderung individual dan egois, kurangnya komunikasi dan interaksi secara langsung karena tertutup oleh alat komunikasi dan media sosial, menciptakan dunianya sendiri, memicu setiap masyarakat untuk memiliki salah satu teknologi seperti handphone padahal terkendala dalam masalah biaya, timbulnya kecanduan dalam diri manusia terhadap penggunaan media sosial, pola hidup menjadi kurang sehat dan seimbang karena lupa makan serta istirahat. Kebudayaan tradisional tergeser dengan kebudayaan modern, kejahatan siber yang dilakukan secara online seperti penipuan dan masih banyak lagi. Hal diatas merupakan suatu permasalahan sosial yang perlu kita cegah. Kita dapat menanamkan sikap hati-hati dan tegas terhadap semua tindak kriminal pada media sosial maupun dalam dunia akulturasi kebudayaan.

Adanya internet sangat mempercepat proses globalisasi berlangsung. Sehingga masyarakat cenderung terintegrasi dalam kehidupan yang berbasis global mulai dari domestik hingga internasional. Komunitas dalam teknologi menyebabkan perubahan yang signifikan. Masyarakat mulai mengikuti sistem yang ada di depan mata tanpa memperhatikan unsur aslinya. Permasalahan ini menjadi tanggung jawab kita untuk berinteraksi lebih menanggulanginya. Permasalahan sosial yang terjadi akibat teknologi adalah bidang ekonomi, mereka yang hidupnya serba kekurangan terpengaruh oleh arus globalisasi yang ditekan untuk memiliki barang yang diinginkan dan menjadi suatu keharusan. Permasalahan lain yang terjadi yakni lebih mementingkan kepentingan pribadi diatas kepentingan orang lain. Mereka lebih suka bergaya hidup mewah tanpa menyadari bahwa ada orang lain yang lebih membutuhkan di sekitarnya.

Tatanan sosial lokal dan nasional juga akan rusak jika dibiarkan begitu saja. Bagi masyarakat yang tidak berpedoman mereka akan menghiraukan lunturnya kearifan lokal serta nilai-nilai bangsa yang tergerus oleh globalisasi. Menyikapi era dunia saat ini bukan suatu hal yang mudah. Hal-hal diatas yang mencakup berbagai permasalahan sosial menjadi tantangan bagi kita khususnya sebagai generasi muda untuk terjun langsung memberi aksi positif.  Turun langsung menjadi pemain menggalakkan semua permasalahan yang dapat diselesaikan bersama, mendukung dan ikut berbaur dengan program-program pemerintah, meningkatkan esensi kualitas bangsa yakni menonjolkan bahwa kita memiliki dasar negara pancasila sebagai pedoman menelaah semua bentuk kajian yang masuk dari luar negeri. Serta menyongkong perubahan bangsa dengan saling memotivasi menjadikan semua sebagai mentor mengingat ilmu dapat kita peroleh dari siapapun . Menjalin interaksi bersama mereka sebagai bentuk partisipasi, serta meningkatkan upaya dari diri sendiri untuk menjadi inspirasi dengan berkarya memperbaik negeri.

 

 

Nama Penulis

Nama               : Femi Hidayati

Nim                 : 212180142

Prodi               : PGSD 1 D

Universitas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update