Notification

×

Iklan

Permasalahan Sosial Akibat Pandemi Covid-19

Monday, 27 December 2021 | 18:58 WIB Last Updated 2021-12-27T11:58:42Z

Covid-19 merupakan jenis penyakit menular yang sudah masuk keindonesia sejak tahun lalu. Ternyata virus ini tidak hanya menyerang manusia tetapi juga menyerang perekonomian sehingga membuat ekonomi semakin terpuruk. Dengan adanya pandemi ini tidak menutup kemungkinan tingkat pengangguran akan semakin meningkat. Dilihat dari banyaknya para pekerja yang di PHK dan dirumahkan. Bahkan pengangguran bisa terus bertambah jika pandemi ini tidak segera berlalu.

     Negara-negara di dunia banyak menghentikan kegiatan produksinya, orang-orang dilarang bepergian sehingga ikut menganjlokkan sektor pariwisata, pendapatan individu, perusahaan bahkan negara menurun. Karena itu tidak hanya masyarakat secara pribadi yang merasakan imbasnya tetapi seluruh sendi kehidupan terutama karyawan perusahaan yang banyak di PHK dan dirumahkan.

     Pekerja yang di PHK dan dirumahkan yang terus menerus bertambah secara tidak normal. Itu dapat menyebabkan banyak sekali pekerja yang menganggur. Pekerja yang dirumahkan mungkin ada yang tidak mengerti dengan teknologi atau misalnya suatu sistem aplikasi atau perangkat pendukung khusus untuk kegiatan pekerjaan di perusahaan tidak ada di dalam laptop atau komputer di rumah sehingga pekerja kesulitan untuk bekerja, oleh karena masalah tersebut tidak akan bisa membantu menjaga kestabilan perusahaan.

    Banyaknya orang di PHK dan susahnya mencari pekerjaan dimasa pandemi. Sehingga orang bisa saja melakukan tindakan apapu seperti kriminalitas. Kriminalitas menimbulkan keresahan dan kekhawatiran di tengah masyarakat. Contoh kriminalitas yang terjadi disekeliling kita seperti dompet hilang di bis, Hp dijambret, uang dipalak, rumah kebobolan maling dan lain-lain.

     Penyebab timbulnya kriminalitas ternyata adalah  pengangguran. Dengan meningkatnya pengangguran mengakibatkan menurunya kemampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok. Sehinga timbullah kemiskinan dan banyak orang yang mengambil jalan pintas untuk memenuhi kebutuhannya.

     Untuk mengantisipasi tindakan kriminalitas antara lain yaitu :

-Menciptakan Lapangan Kerja Sebanyak-Banyaknya.

-Adanya Tindakan Tegas Dari Aparat Hukum.

-Menjunjung tinggi norma-norma seperti norma agama, norma hukum, dan norma sosial.

-Peran orang tua semakin di tingkatkan.

-Meningkatkan kerja sama antara aparat/ pihak tertentu dengan seluruh masyarakat demi menjaga keamanan dan ketertiban bersama.

Dengan adanya tindakan diatas bisa membuat pengangguran menurun. Pengangguran menurun akan berefek pada turunnya tingkat kriminalitas.

 

Penulis :

Furi Alifah

NIM 212180114

Kelas C Semester 1

Prodi PGSD

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Universitas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update