Notification

×

Iklan


Kaligintung Jadi Sasaran Program Kampanye Gemarikan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah

Thursday, 24 February 2022 | 18:19 WIB Last Updated 2022-02-24T11:20:25Z

PITURUH, (pituruhnews.com)  - Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) merupakan kegiatan regular yang dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah. 

Kegiatan ini guna pencapaian indikator kinerja peningkatan konsumsi ikan dan merupakan salah satu program kerja dari Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Jawa Tengah, dengan sasaran posyandu, balita dilokasi stunting dan pondok pesantren

Guna menindaklanjuti program Gerakan Memasyarakatkan Makan IkanDinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah menggelar Kampanye Gemarikan dengan bertamakan  "Ayo Makan Ikan Sehat, Kuat, Cerdas" di Desa Kaligintung, Kecamatan Pituruh pada, Kamis, 24/02/2022 pada pukul 09.30 WIB.

Dalam kampanye gemarikan ini turut hadir Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Jateng Husni, SE. M.PI, DPRD Prov Jateng Komisi B Imam Teguh Purnomo, SE.Akt, Pokja III Tim Penggerak Prov Jateng Krisnawati Ananta Oetoyo, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, SH, Ketua PKK Kab. Purworejo Hj. Fatimah Ferena Prishastyarani, SE, Kadin LH dan Perikanan Kab. Purworejo Al Bambang Setyawan, S.Sos, Kapolsek Pituruh AKP Saptohadi, S.Pd.SH.MH, Camat Pituruh di wakili Kasi Pemberdayaan Masyarakat Teguh Triyasmanto, SE, Ketua Tim Penggerak PKK Kec. Pituruh Retno Maruti Indriani, S.Gz, dan Perangkat Desa Kaligintung dan perwakilan masyarakat penerima paket Gemarikan  20 orang.

Dalam sambutanya Wabup Yuli Hastuti mengucapkan terimakasih kepada Perangkat Daerah dan seluruh komponen masyarakat, yang telah ikut serta memeriahkan Hari Jadi ke 191 Kabupaten Purworejo dengan berbagai kegiatan. Termasuk kegiatan Pemberian Paket Gemarikan dalam rangka Penurunan Angka Stunting, yang dipusatkan di Desa Kaligintung.

"Seperti kita ketahui, sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting dan sangat menentukan daya saing suatu bangsa. Sehingga pembangunan sumber daya manusia menjadi investasi yang berharga bagi masa depan," terangnya.

Namun saat ini, menurut Wabup, kita dihadapkan pada persoalan serius yakni kondisi gizi buruk pada penduduk yang mengakibatkan terjadinya stunting atau tubuh kerdil pada anak. Fenomena tersebut tentunya akan berdampak pada tingkat kecerdasan, kemampuan kognitif dan kesehatan karena mudah sakit. Oleh karenanya, secara nasional pemerintah berupaya menurunkan prevalensi anak balita penderita stunting dari 27,6 persen pada 2019 menjadi 14 persen di tahun 2024.

"Upaya penurunan angka stunting antara lain dilakukan dengan meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat, salah satunya konsumsi ikan. Karena ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal dan baik  terhadap keluarga," tandasnya.

Sementara itu, perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Jateng Husni, SE. M.PI dalam sambuatannya mengatakan banyak terimakasih kepada Pemdes Kaligintung Kabupaten Purworejo yang telah menyediakan tempat dan waktu untuk acara Kampanye Gemarikan pada siang hari ini.

"Kegiatan ini merupakan program dari dinas Prov Jateng untuk mengkampanyekan gemar makan ikan bagi masyarakat, Melalui program ini mari kita selalu mengkonsumsi ikan terutama untuk anak² agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta meningkatkan imunitas tubuh. " kata Husni.

"Program Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang digagas oleh kementerian KKP selain bertujuan untuk mengurangi angka gizi buruk atau stunting, juga bertujuan untuk bersama-sama membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat agar gemar mengonsumsi ikan, dengan harapan meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi pandemi COVID-19. " imbuhnya.

"Makan ikan dapat meningkatkan kualitas SDM dan daya saing bangsa melalui generasi yang sehat dan cerdas, karena keunggulan ikan di antaranya adalah kandungan gizinya lengkap, baik gizi mikro maupun makro yang bermanfaat untuk mencegah sindrom autisme dan masih banyak lagi manfaat lainya," terangnya.

Iklan

×
Berita Terbaru Update