Notification

×

Iklan


Siswa SMK II Kutoarjo Terapkan Ilmu Sains, Teknologi, Mesin Dan Matematika, Prodi Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Membuka Ekskul Robotika

Jumat, 08 Juli 2022 | 09:55 WIB Last Updated 2022-07-09T03:04:15Z

KUTOARJO, (pituruhnews.com)  - Pengajaran matematika dan sains dasar sudah diberikan sejak sekolah dasar (SD) namun karena pengajaranya bersifat parsial dan terpisah-pisah siswa tidak paham kegunaanya. Bahkan siswa hanya dipaksa menghafal rumus-rumus yang rumit tanpa diajarkan cara menerapakannya dalam dunia nyata. Demikian ungkap, Shinta Kusumastuti, ST., M.Pd., Kepala Jurusan TITL SMK Institut Indonesia (ii) Kutoarjo disela-sela mengampu ekstra kulikuler Robotika di ruang praktiknya, Rabu (6/6).

 

“Dengan Ekskul Robotika kita berupaya mendorong imajinasi dan kreatifitas siswa untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah mereka pelajari. Misalnya ketika siswa diberikan materi motor-listrik, mereka tidak hanya menghafal bagian-bagian dan cara kerja motor-listrik tapi diajak mikir untuk menggunakan dan merekayasa alat itu dalam kehidupan nyata. Mungkin untuk menggerakan pintu otomatis atau membuat mobil mainan atau membuat peralatan inovatif lain yang bisa digerakan dengan motor-listrik,”

 

Ia menjelaskan Robotika adalah cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural dan aplikasi robot. Perencanaan dan pembuatan robotika itu pasti merujuk pada penerapan ilmu pengetahuan bidang elektronika, mesin, mekanik, dan komputer.

 

Menurut alumni jurusan elektro UGM ini, pemikiran tentang pembuatan mesin yang bisa bekerja sendiri sebenarnya telah ada sejak era klasik, tapi riset dan penggunaannya baru dimulai setelah abad 20. Bahkan China menjadi raksasa ekonomi dunia bukan karena teknologi tingginya seperti nuklir dan industri pesawat, tapi dari teknologi madya, seperti produk-produk elektronik dan robotika mainan anak yang dibuat secara masal dan dipasarkan ke seluruh dunia. Kami ingin pola pikir siswa listrik SMK ii arahnya ke sana, punya kemandirian, kreatifitas dan inovasi dalam hidup, bukan lulus terus menjadi buruh pabrik.

 

Yushanafi, M.Pd, salah satu pengampu ekskul Robotika SMK ii, mengatakan banyak manfaat yang diperoleh siswa di ekskul robotika baik untuk pengembangan diri dan juga pemahaman pelajaran disekolah.

 

“Di robotika itu siswa akan berkreasi dari menemukan ide awal bentuk robot, cara kerja dan membuatnya. Jadi secara langsung siswa akan mengembangkan daya pikir sistematis dan terstruktur, meningkatkan ketrampilan motorik dan daya imajinasi,” ungkap Guru TITL SMK ii yang juga aktif di Sinergy Robotics Company ini.

 

Ditambahkan Yushanafi bahwa kaitan Robotik dengan materi sekolah adalah penerapan rumus matematika seperti aljabar, geometri dan teori probabilitas (kemungkinan). Penerapan Fisika, seperti rumus kecepatan, Percepatan, gaya dan beban. Aplikasi komputer seperti teknik dasar pemograman.

 

Salah satu siswa ekskul robotik, M. Khoirudin, mengatakan untuk proyek pertama mereka membuat robot lightfollow, yaitu robot sederhana yang akan bergerak secara otomatis mengikuti arah cahaya.

 

“Kompenenya masih sederhana, kami desain bersama dari nol. Bentuknya kita buat mirip mobil mainan. Body-nya kita buat dari bahan tembaga, kita sablon untuk membuat pola rankaian elektroniknya, kita bor untuk memasang baut, disolder, dipasang motor-listrik kecil, dan diberi sensor cahaya,” jelas siswa kelas 11 TITL ini.

 

Khoirodin mengatakan ekskul robotik mengasyikan, bisa buat mainan sendiri dan menantang imajinasi, pungkasnya.(humasSMKII)

Iklan

×
Berita Terbaru Update