Notification

×

Iklan


Sosialisasi 3P, Satpol PP Damkar Turun Kejalan

Sabtu, 10 Desember 2022 | 15:17 WIB Last Updated 2022-12-10T08:17:50Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kabupaten Purworejo melaksanakan sosialisasi terkait 3P yaitu Pengamen, Pengemis dan Pemberi. Kegiatan kali ini merupakan salah satu wujud penegakan dan pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 tahun 2020 yang merupakan perubahan Perda Nomor 8 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Kebersihan, Keindahan, dan Ketertiban (K3), pada hari Jumat (9/12).

Kegiatan dipimpin oleh Kepala Satuan (Kasat) Satpol PP Damkar Kabupaten Purworejo Haryono SSos MM, didampingi oleh Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP dan Damkar Endang Muryani SE dan sekitar 15 personil anggota Satpol PP Damkar Kabupaten Purworejo yang bertugas. Dasar terselenggaranya kegiatan ini adalah terdapat laporan masyarakat terkait dengan  adanya beberapa pengamen, manusia badut, ataupun para pengemis yang melakukan intimidasi dan pemaksaan dalam meminta sedekah berupa uang kepada masyarakat ataupun pengguna jalan. Terdapat  8  titik yang disasar, yaitu di sepanjang Jalan KH. Ahmad Dahlan, Jalan Ahmad Yani, Sudut Alun-alun Purworejo, Masjid Agung Kabupaten Purworejo, Jalan Jendral Sudirman, Pertigaan Lengkong, Perempatan Demangan dan Perempatan SMA N 6 Purworejo .

Haryono mengatakan dengan adanya kegiatan sosialisasi dan edukasi 3P ini diharapkan masyarakat tidak memberikan sedekah berupa uang  atau apapun kepada pengamen, pengemis, badut ataupun manusia silver. Jika ingin memberikan sedekah, masyarakat bisa menyalurkannya melalui masjid atau lembaga terkait yang sudah mengantongi ijin dari pemerintah, karena bagi para pengamen, pengemis ataupun pemberi yang tertangkap bisa dikenakan sanksi administrasi berupa denda sebesar Rp 500.000,- (lima ratus ribu Rupiah). “Masyarakat Purworejo harus cerdas, dalam memberikan sumbangan atau sedekah tidak harus menggunakan cara seperti itu. Semua bertujuan untuk mewujudkan Purworejo yang tertib, aman dan terkendali” pungkasnya. (hms/pemd)

Iklan

×
Berita Terbaru Update