Notification

×

Iklan


Mahasiswa KKN Kelompok 05 UMP di Desa Gesikan Gelar Kegiatan Psikoedukasi Perkembangan Anak Usia Dini

Rabu, 25 Januari 2023 | 07:53 WIB Last Updated 2023-01-25T01:04:59Z

KEMIRI, (pituruhnews.com) -  Mahasiswa KKN Kelompok 05 Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar kegiatan sosial Psikoedukasi Perkembangan Anak Usia Dini, Senin, 16/01/2023.

Kegiatan Psikoedukasi Perkembaangan Anak Usia Dini juga sekaligus agenda rutin Posyandu Desa Gesikan, Kemiri. Dalam program KKN Universitas Muhammadiyah Purworejo ini sasaran utamanya yaitu ibu-ibu yang memiliki anak usia dini dan tergabung di Posyandu Desa Gesikan


Glady Anliza Syaharani salah satu mahasiwa KKN Kelompok 5 UMP mengatakan, bahwa kegiatan Psikoedukasi dilakukan karena kurangnya pengetahuan orang tua ataupun masyarakat terkait permasalahan psikologis selama tumbuh kembang anak menyebabkan anak tidak dapat berkembang secara optimal karena permasalahan yang mereka alami tidak segera mendapatkan penanganan yang semestinya sehingga menjadi lebih parah.


"Oleh karena itu, pengetahuan tentang deteksi dini pertumbuhan dan perkembangan anak perlu dimiliki oleh orang tua, guru, dan masyarakat. Adanya program Psikoedukasi dengan metode ini betujuan untuk memberikan edukasi kepada orang tua  berupa bentuk-bentuk perkembangan anak, peran orang tua terhadap proses tumbuh kembang anak dan bentuk deteksi dini pada permasalahan-permasalahan anak selama tahap pertumbuhan dan perkembangan. " ucapnya.

Glady menambahkan bahwa sebagaian besar orang tua pasti menginginkan memiliki anak yang cerdas, sehat dan mempunyai akhlak mulia. Supaya  anak dapat menjadi seperti yang diidamkan oleh orang tua, harus memenuhi kriteria pertumbuhan dan perkembangan anak yang baik. Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor genetic. Dimana cerdas tidaknya seorang anak dipengaruhi oleh gen bawaan anak tersebut. Sedangkan faktor eksternal meliputi stimulus dari luar, misalnya gizi, stimulus yang diberikan lingkungan kepada anak, keadaan psikologis, dan juga status sosial ekonomi. 


Psikoedukasi ini dibagi menjadi dua sesi, untuk sesi pertama di lakukan Posko Posyandu 1 dan Posko Posyandu 2.


Kepala Desa Gesikan Maryati menyambut baik dengan adanya kegiatan ini dan semoga bisa bermanfaat bagi warga desa Gesikan. "Kami selalu mendukung program dari mahasiswa KKN yang ada di Desa Gesikan dengan harapan bisa bermanfaat bagi masyarakat desa Gesikan. " ucapnya.

Interaksi

Glady juga menyampaikan, “kita sebagai orang dewasa memiliki kesadaran penuh ketika memilih menjadi orang tua dan memiliki anak, jadi sebagai orang tua kita bertanggung jawab penuh terhadap anak-anak kita ya Bu, jangan menganggap kalau anak-anak kita ini beban buat kita ya Bu,  jadi kita dampingi proses tumbuh kembangnya, kita berikan pendidikan, pengetahuan dan kasih sayang dengan maksimal ya Bu,”. 


Ibu-ibu peserta nampak antusias mengikuti psikoedukasi perkembangan anak usia dini, terbukti dengan menyimak informasi yang disampaikan, mencatat, bertanya dan sharing mengenai pengalaman pertama menjadi seorang ibu. Ibu Hartinah dari Rahayu 2 menanyakan tentang usia anak yang bisa mulai dikenalkan warna, huruf, dan bentuk.  Glady menjawab “ idealnya anak bisa mulai dikenalkan warna, bentuk, huruf diusia 1.5 tahun, tetapi kita bisa mulai mengenalkannya lebih dini ( sebelum 1,5 tahun, mulai dari 3 bulan ) tetapi tidak boleh memaksakan anak untuk harus bisa, jadi pelan-pelan dan berulang-ulang bisa dikenalkan ke anak.”


Sri Rahayu yang baru memiliki anak pertama usia 3 tahun berbagi pengalamannya, untuk pertama kalinya dalam hidupnya beliau  mengalami hamil, melahirkan, menyusui, begadang tiap malam, binggung ketika anak rewel, yang semuanya yang belum pernah dilakukan sebelumnya, binggung harus mulai dari mana, harus ekstra sabar, harus 24 jam urus anak, capek iyaa tapi ya kapan lagi saya mengalami proses ini? Bisa mendampingi dan menyaksikan proses tumbuh kembang anak sendiri?. 


Bidan etik Lestari  menambahkan, bahwa menginginkan anak ada itu kita ya  Bu sebagai orang tua, jadi anak berhak mendapatkan hak-haknya disini, seperti mendapatkan layanan kesehatan setiap bulannya, pendidikan, gizi, dan lain sebagainya ya dan itu tanggung jawab kita sebagai orang tua. Kalau sampai anak sakit ngga dibawa ke pukesmas atau lembaga kesehatan untuk mendapatkan pelayanan ya itu salah orang tua, suatu saat anak bisa menuntut itu ke kita ya Bu, jadi ayo rutin ke posyandu, wong ya cuman sekali sebulan, itu ada hak anak lho Bu, jangan jadi orang tua yang malas dan tidak peduli ke anak-anak ya.


Anggota KKN kelompok 5 Universitas Muhammadiyah Purworejo

1. GILANG NUGRAHA managemen

2. DWI AJI UTOMO managemen

3. TRI YOSIANA managemen

4. DIAH AYU WASKITANINGSIH managemen

5. GLADY ANLIZA SYAHARANI psikologi

6. PUTRI PERMATASARI agribisnis

7. SITI NURJANNAH agribisnis

8. LAILATUL MUTHOLIBAH agribisnis

9. DENY YULIANTO PTO

10. BAGUS JULI YANTO teknik sipil

Iklan

×
Berita Terbaru Update