Notification

×

Iklan

Mahir Komputer Bersama Mahasiswa KKN UM Purworejo, Siswa di Kelurahan Sucenjurutengah Siap Mengikuti AKM

Jumat, 10 Februari 2023 | 08:41 WIB Last Updated 2023-02-10T01:46:54Z

Gambar pelaksanaan pelatihan komputer pada siswa kelas 3,4, dan 5 Sekolah Dasar (SD/MI) di Sucenjurutengah
BAYAN, (pituruhnews.com) - Memasuki era 4.0 kini setiap individu secara tidak langsung dituntut mahir dalam menggunakan perangkat komputer dan internet diberbagai bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, komputer digunakan sebagai perangkat ujian mengikuti pembaruan kurikulum, dimana ujian di sekolahan kini berbasis komputer yang disebut sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), dari jenjang Sekolah Dasar (SD/MI) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA/MA). Melihat belum adanya pembelajaran mengenai pengoperasian komputer di Sekolah Dasar (SD/MI), mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun 2023 kelompok 31 mengadakan pelatihan komputer pada siswa Sekolah Dasar (SD/MI) di Desa Sucenjurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, dengan tujuan memberikan pengetahuan mengenai pengoperasian komputer terutama pada microsoft word pada siswa Sekolah Dasar untuk menunjang pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). 

Pelatihan komputer ini dilaksanakn dari tanggal 4 Januari- 2 Febuari 2023, yang diikuti siswa kelas tiga sampai kelas lima Sekolah Dasar (SD/MI), yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Rabu di posko KKN Universitas Muhammadiyah Purworejo, dengan total tujuh kali pertemuan, termasuk evaluasi dan simulasi AKM. “Program pelatihan komputer ini merupakan program kerja utama dari kelompok 31, yang bertujuan untuk melatih kemampuan siswa Sekolah Dasar (SD/MI) dalam menguasai dasar-dasar dari salah satu program komputer, terutama Microsoft Word melalui pengenalan dan praktek langsung dengan arahan dari kami mahasiswa KKN UM Purworejo”. jelas Dava Wisnu Anggoro selaku ketua KKN kelompok 31 Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun 2023.


Dava Wisnu Anggoro menyebutkan, pemahaman dasar-dasar dari komputer merupakan hal yang sangat penting bagi siswa yang sedang mengikuti pendidikan dasar, karena akan diperlukan untuk kedepannya nanti baik dalam membuat tugas ataupun berbagai keperluan lainnya seperti ujian Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang berbasis komputer. Pelatihan komputer ini mengajarkan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai pengenalan hardware, software (Microsoft Word), cara menyalakan dan mematikan komputer, penggunaan Microsoft Word mulai dari penggunaan tools, mengetik (mengetik miring, tebal dan garis bawah), serta mengajarkan cara menyimpan dokumen yang telah dibuat. “Pada pelatihan komputer ini, kami menggunakan kurang lebih 19 komputer pribadi (laptop) yang langung digunakan oleh siswa selama pelatihan komputer dengan pengawasan dan bimbingan mahasiswa KKN UM Purworejo” tambah Dava Wisnu Anggoro.

Salah satu tujuan dari pelatihan komputer pada siswa kelas tiga sampai lima Sekolah Dasar (SD/MI) adalah menunjang pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum di Sekolah Dasar, dengan harapan siswa mampu mengisi data diri serta soal baik pilihan ganda atau uraian, dengan bekal ilmu yang telah diajarkan mengenai cara mengetik pada komputer. Melalui tujuan tersebut mahasiswa KKN kelompok 31 UM Purworejo melakukan simulasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) melalui Google form pada 30 Januari 2023. “Simulasi ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan gambaran pada siswa mengenai Asesmen Kompetensi Minimum yang akan ditempuh dikelas lima nanti, dengan harapan siswa mampu mengeklik dan mengetik jawaban dengan baik sehingga siswa nanti bisa mengerjakan soal dengan lancar” jelas Eni Windi Sulastri, salah satu anggota KKN kelompok 31 Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun 2023. 


Kemudian Eni Windi Sulastri juga menambahkan bahwa siswa sangat antusias mengikuti pelatihan komputer yang dilaksanakan, sehingga berefek pada diri siswa sendiri, yang mana para siswa dapat memahami dengan cepat apa yang disampaikan dan diajarkan. “Setelah kegiatan ini dilaksanakan, diharapkan dapat menambah wawasan siswa tentang ilmu pengetahuan dan teknologi kepada para siswa, menjadi langkah awal para siswa mahir dalam menggunakan komputer, serta siap dalam menghadapi AKM ” tutupnya.

Iklan

×
Berita Terbaru Update