Notification

×

Iklan


Roadshow Perpustakaan Desa Paitan Dibuka Wakil Bupati Purworejo

Selasa, 23 Mei 2023 | 16:38 WIB Last Updated 2023-05-23T09:38:01Z

KEMIRI, (pituruhnews.com) - Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH membuka kegiatan roadshow perpustakaan di Desa Paitan, Kecamatan Kemiri, Purworejo, Selasa (23/5/2023). Pada kesempatan itu, juga dilakukan peresmian Eduwisata Cengkir Manis Azka Garden sebagai tempat belajar dan bermain bersama perpustakaan.


Wabup Yuli Hastuti memberikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) Kabupaten Purworejo, yang telah berinovasi mengadakan roadshow perpustakaan di lokasi-lokasi wisata, salah satunya di Eduwisata Cengkir Manis Azka Garden Desa Paitan.


Karena menurutnya, selain untuk terus memperkenalkan dan meningkatkan minat baca serta literasi di kalangan masyarakat, melalui kegiatan roadshow perpustakaan ini juga untuk mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Purworejo.

Dikatakan Wabup jika saat ini minat baca di kalangan masyarakat sangatlah rendah karena banyak yang lebih senang menonton ketimbang membaca. Bahkan betah berjam-jam menonton televisi atau menonton tayangan di smartphone. 


“Kebiasaan tersebut sebenarnya bisa kita ubah, karena kita memiliki sarana seperti perpustakaan umum daerah dan perpustakaan keliling. Tinggal bagaimana kita memotivasi dan menggerakkan masyarakat untuk meningkatkan kegemaran membaca,” ujar Wabup.


Di akhir sambutan, wabup mengingatkan bahwa literasi merupakan kunci untuk membuka pintu pengetahuan dan masa depan yang lebih baik.


 “Mari bersama-sama menginspirasi dan mendorong generasi muda kita untuk mencintai membaca dan mengasah kemampuan literasi mereka,” imbuhnya.


Sementara itu, Kepala Dinpusip Dra Eni Sudiyati MM menjelaskan bahwa kegiatan roadshow perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keberadaan dan mendorong partisipasi aktif dalam memanfaatkan perpustakaan. 


Selain itu juga untuk meningkatkan apresiasi terhadap literasi dan pendidikan, dengan mengedukasi masyarakat tentang manfaat membaca, akses ke sumber daya informasi dan pengembangan diri melalui perpustakaan.

Dikatakan, kegiatan roadshow ini dilakukan setiap dua bulan sekali di tempat wisata yang berbeda. Kegiatan di Desa Paitan ini merupakan kegiatan roadshow kedua yang diselenggarakan setelah pandemi. 


Eni berharap melalui kegiatan ini, perpustakaan dapat menjalin hubungan yang lebih erat dengan masyarakat dan memperluas jangkauan layanan. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mendukung program bupati yakni satu desa satu produk, dalam hal ini produk wisata edukasi.


“Dengan menghadirkan perpustakaan secara langsung ke berbagai tempat, roadshow perpustakaan diharapkan dapat membantu membangun minat, pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam dunia literasi dan pengetahuan,” terang Eni.

Iklan

×
Berita Terbaru Update