Notification

×

Iklan

Upacara Hardiknas Diwarnai Penyerahan Penghargaan

Rabu, 03 Mei 2023 | 07:15 WIB Last Updated 2023-05-03T00:15:40Z
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 tingkat Kabupaten Purworejo diselenggarakan di halaman Kantor Bupati Purworejo, Selasa (02/05/2023). Dalam upacara yang diikuti para pejabat dan berbagai unsur masyarakat itu, juga diserahkan penghargaan kepada 26 masyarakat berprestasi oleh Bupati RH Agus Bastian SE MM.

Beberapa dari mereka merupakan juara 1 nasional, yaitu Radja Rizki Fadilah (juara atletik) dan Elang Pramudya Ranatirta (juara tenis meja). Selain itu, ada sebagian yang juara 1 provinsi, yang berarti berpeluang juga menjadi juara nasional. 

Dalam pidatonya yang dibacakan Bupati Purworejo, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi mengungkapkan bahwa Hardiknas tahun ini merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil. 
”Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakan, anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

”Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka,” katanya. (Prokopim)

Iklan

×
Berita Terbaru Update