Notification

×

Iklan

Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih

Jumat, 16 Juni 2023 | 22:05 WIB Last Updated 2023-06-16T15:05:01Z
PURWOREJO, (pituruhnews.com) – Bawaslu Kabupaten Purworejo rutin melakukan patroli pengawasan kawal hak pilih menjelang penetapan Daftar Pemilih Tetap (DTP) pada pemilu serentak tahun 2024. Patroli pengawasan dilakukan diberbagai tempat strategis yang menjadi aktifitas keramaian masyarakat.

Hal itu disampaikan Koordinator Divisi Organisasi, SDM, Pendidikan, dan Pelatihan Abdul Azis saat melakukan patroli pengawasan kawal hak pilih di Terminal Bus Purworejo, pada Jumat (16/6/2023). Patroli menurutnya dilakukan menjumpai warga yang berada diterminal untuk menanyakan apakah sudah terdaftar sebagai pemilih dalam pemilu mendatang.

Dalam kegiatan patroli pengawasan tersebut Bawaslu juga melibatkan jajaran Panwaslu Kecamatan dan panwaslu kelurahan/desa. “Bawaslu melibatkan pengawas kecamatan dan jajaran dibawahnya untuk gabung bersama dalam kegiatan patroli tersebut,” katanya. 

Lebih lanjut Abdul mengatakan patroli pengawasan kawal hak pilih akan terus berlanjut diberbagai tempat yang strategis. Menurutnya kegiatan patroli pengawasan ini juga dilakukan oleh masing-masing panwaslu tingkat kecamatan diwilayah kerjanya.

Belum lama ini, pada Kamis (15/6/2023) kemarin, Bawaslu Purworejo juga melakukan patroli pengawasan di Pasar Grabag, Purworejo. Kegiatan tersebut dilakukan dengan menemui para pedagang ataupun pembeli yang melakukan aktifitas di pasar.

Bawaslu mememinta kesedian warga untuk di cek NIK pada KTP elektronik. Kemudian kata Abdul, memasukan NIK kedalam layanan cek DPT online milik KPU. 

Hasil patroli yang dilakukan Bawaslu, kata Abdul, warga yang ditemui tidak semua bisa melakukan cek secara online malalui laman KPU. “Ya mungkin, karena tidak tahu kalau data untuk hak pilihnya bisa dilihat secara online,” kata Abdul.

Iklan

×
Berita Terbaru Update