Notification

×

Iklan

Gelar MPLS Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024, SMAN 10 Purworejo Ajak Siswa Displin dan Taati Tata Tertib Sekolah

Rabu, 19 Juli 2023 | 08:03 WIB Last Updated 2023-07-19T01:14:54Z

PITURUH, (pituruhnews.com) - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Tahun Ajaran 2023/2024 SMA Negeri 10 Purworejo dilaksanakan pada tanggal 17 sampai 20 Juli 2023. MPLS ini resmi dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 10 Purworejo Dra. Setyo Mulyaningsih, M.Pd.B.I. Diikuti oleh tenaga kependidikan dan seluruh siswa SMAN 10 Purworejo dengan khidmat yang bertemoag di Halaman SMAN 10 Purworejo.

Kepala Sekolah SMAN 10 Purworejo Dra. Setyo Mulyaningsih, M.Pd.B.I dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan MPLS ini dapat berjalan lancar dan memberikan banyak manfaat bagi para peserta didik baru terutama mengenai wawasan lingkungan sekolah. Dalam pembukaan itu juga disampaikan bahwasannya semua harus saling menghormati dan rukun agar terciptanya hubungan yang harmonis, serta lingkungan yang aman dan nyaman.

Dalam pembukaan MPLS ini dilakukan penyematan sebagai peserta didik baru Tahun Ajaran 2023/2024 secara simbolik yang diwakilkan oleh ananda Jagad Dwi Gumelar dan ananda Shinta Sheilomita.


"Rangkaian agenda MPLS untuk hari pertama yaitu kita melakukan pengenalan OSIS/MPK SMAN 10 Purworejo masa bakti 2022/2023 serta diikuti dengan gembira. Selain perkenalan OSIS/MPK kami juga menyisipkan perkenalan ketua masing-masing gugus." ucap Setyo.


Setyo menambahkan bahwa untuk kegiatan MPLS kali ini SMAN 10 Purworejo mengangkat nama gugus yang terinspirasi dari nama pewayangan."Melalui ini kami berharap dengan menyelipkan nama pewayangan dapat mengantarkan para peserta didik baru sebagai siswa yang mampu memberikan teladan dan memiliki sikap mental dan perbuatan bijak seperti para tokoh pewayangan." imbuhnha.

Ditambahkan, Wakil Kepala Sekolah Dra, Sri Mulyani, menyampaikan bahwa untuk siswa/i SMAN 10 Purwoeejo wajib memahami tentang  tata tertib, serta diberikan  motivasi dan dorongan untuk peserta didik baru  agar selalu mengingat dan mentaati tata tertib yang berlaku disekolah ini.


Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi mengenai Etika Berdigital dan Materi Pengenalan Dewan Guru dan Karyawan yang langsung disampaikan oleh Dra. Setyo Mulyaningsih M.Pd.B.I.


Dalam paparannya Setyo Mulyaningsih mengenalkan semua dewan guru beserta karyawan SMAN 10 Purworejo serta memberikan arahan mengenai etika berdigital, motivasi untuk bijak menggunakan smarthphone, dan pesan untuk siswa agar memperhatikan etika ketika berdigital serta bijak dalam menggunakan smarthphone. Dan diperhatikan seluruh 252 peserta didik baru SMAN 10 Purworejo.

Selanjutnya, Setyo Mulyaningsih menyampaikan rangkaian MPLS ini yaitu penyuluhan Napza HIV AIDS dari Puskesmas Pituruh. Dalam pertemuan ini para peserta didik baru dikenalkan dengan HIV, AIDS,dan ODHA perbedaan HIV dan AIDS, penyebabnya, perkembangan dari HIV menjadi AIDS, sumber HIV, bagaiamana penularan HIV, melalui apa penularannya, kegiatan apa yang dapat menimbulkan HIV, apa saja yang tidak menularkan HIV.


"Cara pencegahan HIV, serta masalah pada ODHA, Tidak hanya itu pihak puskesmas juga memberikanmotivasi dan pesan agar menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya maupun penularan HIV, AIDS, dan ODHA. " imbuhnya.


Pada MPLS SMAN 10 Purworejo juga dihadiri oleh Camat Pituruh Hartono, beliau saat hadir memberikan motivasi siswa baru SMAN 10 Purworejo. Supaya siswa/i semangat dalam menimba ilmu di sekolah dan tetap mematuhi tata tertib sekolah.


Kegiatan ini juga dilanjutkan penyampaian materi mengenai mars dan hymne SMAN 10 Purworejo. "Memasuki acara yang terakhir yaitu apel sore dan pembekalan untuk kegiatan MPLS hari kedua." tandas Kepala Sekolah SMAN 10 Purworejo Setyo Mulyaningsih. 

Penulis : Humas SMAN 10 Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update