Notification

×

Iklan

BBGP Jateng Gelar Lokakarya 3 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 di Kabupaten Purworejo

Minggu, 19 November 2023 | 08:46 WIB Last Updated 2023-11-19T01:46:54Z
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Balai Besar Pendidikan Guru Penggerak (BBGP) Jawa Tengah menyelenggarakan kegitan lokakarya 3 angkatan ke 9, di SMPN 4 Purworejo, Sabtu (18/11/2023).

Kegiatan ini kembali menjadi moment bersejarah bagi 134 Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dan 23 Pengajar Praktek (PP) di Kabupaten Purworejo.

Lokakarya 3 angkatan 9 yang dibagi dalam 3 kelas masing masing 18 peserta yang didampingi masing masing 3 Pengajar Praktek

Adapun agenda Lokakarya Guru Penggerak ke 3 Angkatan 9 yakni Pembukaan, Simulasi Pembelajaran Berdiferensiasi, Praktik Mindfulness dan Refleksi, Praktik Integrasi 5 Kompetensi Sosial Emosional (KSE) dalam pembelajaran, Merancang Strategi Berbagi Pengalaman dengan Rekan Sejawat, Refleksi dan penutup.
Terbagi menjadi 7 kelas, dengan setiap kelas di ikuti oleh 18 CGP dari 3 PP acara di mulai tepat pukul 08.00 WIB.

Lokakarya Guru Penggerak 3 angkatan 9 diharap kan bisa mendemonstrasokan pemahaman berdiferensiasi, mendemonstrasikan mengenai Mindfulness integrasi 5 KSE, dan merancang strategi berbagi rekan sejawat mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan KSE. Sehingga bisa menghasilkan identifikasi kekuatan diri dan rencana pengembangan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran ungkap Teguh Yuli Fitri anto salah satu Pengajar Praktik 

"Kegiatan lokakarya ini merupakan sebuah pemanasan dimana CGP diminta untuk saling bertukar cerita tentang apa saja yang sudah dilakukan disekolah khusunya terkait pembelajaran berdiferensiasi dan KSE. Dilanjutkan dengan sesi kolaborasi untuk membuat mind mapping strategi berbagi dengan rekan sejawat" Ungkap Teguh. 

Diskusi tentunya merupakan sesi yang selalu ada dalam setiap lokakarya. Hal ini sangat penting dan relevan dengan tugas CGP sebagai agen perubahan di satuan pendidikan masing-masing.

Karena dikemas dengan menyenangkan oleh PP kegiatan lokakarya yang begitu padat dan berlangsung sehari penuh tidak terasa berat. Bahkan lokakarya merupakan kegiatan yang paling ditunggu dalam program Pendidikan Guru Penggerak.

Kegiatan lokakarya ditutup dengan refleksi dimana masing-masing CGP menyampaikan apa yang dipelajari hari ini sebagai penguatan ketercapaian tujuan pembelajaran. Untuk selanjutnya kegiatan ditutup dengan doa agar apa yang diprogramkan dapat tercapai.

Kontributor : Syukron Z

Iklan

×
Berita Terbaru Update