Notification

×

Iklan


UMK Purworejo Terbilang Rendah, Putra-Putri Purworejo Memilih Cari Kerja Keluar Daerah

Selasa, 12 Desember 2023 | 00:56 WIB Last Updated 2023-12-11T22:54:29Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Pemerintah Kabupaten Purworejo mengesahkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Purworejo ditetapkan sebesar Rp. 2.127.641, yang berlaku bagi pekerja/buruh dengan masa kerja kurang dari 1 tahun pada perusahaan yang bersangkutan. Namun menyurutkan semangat putra-putri Purworejo untuk berkerja di kotanya sendiri, dan memilih merantau mencari pekerjaan diluar yang upah minimunnya lebih besar.

Menurut data yang diperoleh tim Pituruh News dari Dinas Perindustrian Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Dinperintransnaker) Purworejo salam tahun 2023 mulai bulan Januari sampai November kemarin, para pencaker sebanyak 4469 yang diantaranya 2434 laki-laki dan 2035 perempuan.
Kabid Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perindustrian Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Dinperintransnaker) Purworejo Veny Yudha Apriyani saat datang di acara Job Fair "Saga Expo #3 2023" di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo mengapresiasi dengan adanya acara ini. Yang mana SMK ini bisa berkerjasama dengan perusahaan dan universitas di job fair ini selama satu minggu.

"Ini sangat efektif untuk perekrutan dan mengaktualisasi semua aktivitas akademika di SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Melalui kegiatan ini berharap untuk smk-smk yang ada di Purworejo dapat menyelenggarakan job fair dan kedepan menduplikasi kegiatan Job Fair seperti Job Fair Saga Expo ini." ucapnya.

"Alhamdulillah Dinperintransnaker kabupaten purworejo juga sudah mendampingi beberapa sekolah dalam kegiatan job fair seperti ini. Sedikitnya ada 8 sekolah yang sudah mendapatkan program pusat keunggulan, dengan ini diharapkan smk mampu mengandeng perusahaan untuk moU dan mempekerjakan alumninya." ucap.

Veny juga menyinggung terkait Upah Minimum Kabupaten (UMK) yang masih rendah ditingkat kabupaten atau kota se-jawa Tengah. "Upaya untuk menarik investor datang ke Purworejo juga tidak bisa memberlakukan UMK Purworejo yang telalu tinggi. Di satu sisi Purowrjeo itu belum menjadi kabupaten sebagai kawasan industri, Berharap kedepan UMK Purworejo yang masih minim dibandingkan kabupaten lain, menarik para investor akan melirik ke Purworejo. Apa lagi Purworejo didukung dengan kondisi strategis, yaitu Purworejo dekat dengan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). " ucap  Veny, Senin, 11/12/2023 saat di kegiatan Job Fair Saga Expo 3.

"Pariwisata di Purworejo juga mulai menggeliat, berharap untuk semua elemen bisa mendukung dari unsur Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Pemerintah, Tata Ruang Industri, Industri Menengah Kecil yang ada di Purworejo mulai bisa tumbuh. " ucapnya.
Sementara itu, Putri Amalia Agustin salah satu pencari kerja dari Pituruh di Job Fair "Saga Expo #3" mengatakan ikut dalam job fair minim informasi lowongan pekerjaan di Purworejo dan upah minim purworejo rendah yang hanya 2.127.641, ia bertekad mencari informasi lowongan pekerjaan di luar daerah. "Saya berharap upah minimum kabupaten (UMK) Purworejo bisa dinaikan dan putra-putri daerah tidak mencari kerja ke daerah lain." paparnya.

Dari data Dinperintransnaker Purworejo untuk lowongan pekerjaan di tahun 2023 sebanyak 1659 lowongan yang terdiri 526 lowongan untuk laki-laki, dan 1133 untuk lowongan perempuan. Lowongan ini lebih sedikit ketimbang para pencaker kerja di Purworejo yang menurut data sepanjang tahun 2023 sebanyak 4469 pencaker.

Iklan

×
Berita Terbaru Update