Notification

×

Iklan


Mahasiswa KKN Kelompok 41 UMP, Gelar Program Pelatihan Pengolahan Lele Jadi Abon

Selasa, 30 Januari 2024 | 14:43 WIB Last Updated 2024-01-30T07:46:44Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Upaya meningkatkan kreativitas usaha masyarakat, Mahasiswa KKN Kelompok 41 Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar program kerja Diversifikasi Pangan Olahan Ikan Lele, Sabtu, 20/01/2024.


Kegiatan ini bertempat di rumah Ibu Sri Suryati, dengan sasaran Ibu Dawis Dusun Santren Desa Ketosari. Mahasiswa KKN juga mendatangkan pemateri dari luar yaitu Kak Yuni Astuti dari Fakultas Pertanian dan memiliki usaha dibidang catering dan bakery "Yunia Bakery". 

Lele bisa diolah menjadi berbagai macam makanan diantaranya tahu bakso ikan lele, otak-otak goreng ikan lele, somay ikan lele, dimsum ikan lele, dan abon lele. Diversifikasi pangan olahan lele yang kami demokan saat kegiatan yaitu Pelatihan Lele Menjadi Abon Lele dikuti oleh Ibu PKK RW 3 Dusun Santren Desa Ketosari sedikitnya 35 peserta.



Tujuan utama dari Pelatihan Lele Menjadi Abon Lele yaitu memanfaatkan potensi sekitar yang ada di desa tersebut. Guna meningkatkan keterampilan olahan lele dengan harapan masyarakat dapat menambah pemasukan dari diversifikasi pangan olahan ikan lele dan dapat menciptakan UMKM baru yang nantinya dapat menambah pemasukan warga setempat.



Kekurangan dari Pengolahan Lele Menjadi Abon Lele yaitu kurangnya serat yang terdapat pada lele menyebabkan abon yang dihasilkan sedikit. 1kg lele menghasilkan 200gr abon lele.


Kelebihan dari pengolahan tersebut bisa menamambah keterampilan masyarakat dalam pengolahan lele, dikarenakan masyarakat yang membudidayakan lele di desa tersebut masih menjualnya secara langsung dan apabila lele terlalu besar tidak laku dipasaran.


Iklan

×
Berita Terbaru Update