Notification

×

Iklan


Bupati Kukuhkan TP PKK Sisa Masa Bakti 2021-2024

Kamis, 29 Februari 2024 | 19:00 WIB Last Updated 2024-03-02T02:00:45Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH secara resmi mengukuhkan Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Purworejo Sisa Masa Bakti 2021-2024 dan membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Ruang Arahiwang Setda Kabupaten Purworejo, Kamis (29/02/2024). Hadir dalam acara tersebut, Kepala DPPPAPMD Laksana Sakti AP MSi,  Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo dra Erna Setyowati, Ketua TP PKK Kecamatan, dan unsur terkait lainnya.


Dalam sambutannya, Bupati mengucapkan selamat atas dikukuhkannya TP PKK Kabupaten Purworejo Sisa Masa Bakti 2021-2024. Ia juga mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Rakerda ini, sebagai tindak lanjut dikukuhkannya Tim Penggerak PKK. 


Menurut Bupati, PKK telah ikut berkontribusi dalam terwujudnya keluarga yang berdaya dan sejahtera, baik dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial-budaya.


“Selaku mitra  pemerintah daerah, PKK  memiliki peran penting dalam mendukung percepatan pembangunan, terutama dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga, karena keberhasilan pembangunan diawali dari pembangunan keluarga berkualitas sebagai elemen terkecil dari masyarakat, bangsa, dan negara,”tuturnya.


Dikatakan lebih lanjut, PKK juga telah menjadi ujung tombak pemerintah dalam menyukseskan program-program kesejahteraan masyarakat, di antaranya  dalam hal edukasi gizi dan kesehatan anak, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), ketahanan pangan dan pengelolaan tata laksana rumah tangga, pemberdayaan UMKM, pemanfaatan lahan pekarangan, penurunan stunting dan sebagainya.


Bupati mengajak TP PKK untuk lebih memahami berbagai program unggulan dan prioritas yang dimiliki pemerintah daerah, sehingga dapat memetakan pelaksanaan 10 Program Pokok   PKK. Di samping itu, program kerja yang disusun hendaknya sesuai dengan potensi yang dimiliki wilayahnya masing-masing. 


“Pemerintah Daerah akan selalu mendorong PKK agar dapat terus maju dan berkembang, mampu melaksanakan tugas sesuai dengan misi utamanya dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” imbuhnya.


Bupati berharap, rakerda ini dapat menghasilkan komitmen yang kuat dan persamaan persepsi, sehingga ke depan Tim Penggerak PKK siap dalam berkontribusi menyukseskan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Purworejo.


Sementara dra Erna Setyowati menambahkan, Rakerda ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan implementasi di lapangan serta meningkatkan kualitas gerakan PKK baik mengenai program kelembagaan, administrasi dan pelaksanaan gerakan PKK dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

“Saya berharap dengan adanya kolaborasi TP PKK bersama OPD terkait, penggerak PKK dan kader PKK dapat lebih bersemangat untuk melaksanakan 10 Program Pokok PKK sebagai bentuk partisipasi membangun Kabupaten Purworejo  dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat menuju keluarga sejahtera,” harapnya.


Iklan

×
Berita Terbaru Update