Notification

×

Iklan

Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriyah , Ratusan Siswa MI Gelar Pawai Taaruf

Rabu, 20 September 2017 | 10:55 WIB Last Updated 2017-09-20T09:30:04Z

Pituruh,(purworejo.sorot.co)--Beragam kegiatan dilakukan warga untuk menyambut datangnya tahun baru Islam. Seperti yang dilakukan MI (Madrasah Ibtidaiyah) Takhasus, Prapag Kidul, Kecamatan Pituruh, pada Rabu (20/09/2017). Sedikitnya 300 siswa di sekolah ini mengikuti kegiatan pawai taaruf menyambut 1 Muharram 1439 Hijriyah.
Peserta pawai menyusuri Jalan dari Masjid Al Irsyad Pituruh hingga Desa Karanganyar, Kecamatan Pituruh, sambil bershalawat dan menyebut asma Allah di iringi grub Hadroh dari MI Takhasus. Berbagai kostum pun dikenakan, mulai dari pakaian muslim, pakaian tani dan pakaian silat sambil membawa spanduk bertuliskan ‘Selamat Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1439 H’.
Didampingi para guru dan orang tua mereka berjalan dengan penuh semangat dan di sepanjang jalan, rombongan pawai taaaruf mendapat simpati dari masyarakat. Bahkan beberapa pengguna jalan memilih berhenti untuk memberikan kesempatan rombongan melintas sambil mengambil foto menggunakan kamera telepon genggam.
Pawai ini menjadi bagian dari sosialisasi dan edukasi bagi siswa dan masyarakat. Sebab masyarakat lebih mengenal dengan kalender dan tahun baru masehi saja, sedangkan tahun baru Islam jarang diperingati,” ungkap Kepala MI Takhasus Prapag Kidul, M. Zuhro, M.Ag.
Lebih lanjut ia menerangkan, 1 Muharram atau tahun baru Islam merupakan bulan pertama dalam kalender Islam. Tahun ini, tahun baru Islam jatuh pada hari Rabu, 20 September 2017 petang. Muharam sendiri merupakan salah satu dari empat bulan suci dalam Islam.
Kata ‘muharam’ berasal dari kata haram mempunyai arti ‘Terlarang’ atau ‘Berdosa’. Muharam juga dianggap sebagai bulan paling suci kedua setelah bulan Ramadhan. Sejumlah warga pun berpuasa sepanjang hari ini dan pada hari ke sepuluh muharam ialah hari Asyura,” tuturnya.
Ditambahkan, biasanya mulai 1 Muharram warga muslim berpuasa dan puasa itu sendiri berbeda antara sejumlah kelompok muslim. Seperti muslim Sunni yang hanya menjalankan puasa pada hari ke sepuluh ataupun hari ke sembilan dan ke sepuluh.
Semoga dengan acara ini bisa menyemarakkan tahun baru Islam yang sudah banyak di lupakan oleh kaum muda Islam,” tandasnya.


Sumber :  purworejo.sorot.co

Iklan

×
Berita Terbaru Update