Notification

×

Iklan


 

Donor Darah, PMI : Terkumpul 26 Kantong Darah

Wednesday, 8 November 2017 | 14:47 WIB Last Updated 2017-11-08T08:41:25Z



Megulung Kidul - Kegiatan rutin PMI Ranting Pituruh, atas instruksi PMI Cabang Purworejo dalam mengumpulkan darah untuk mencukupi kebutuhan darah Kabupaten Purworejo yang masih kekurangan, dengan semboyan "Setetes Darah Anda, Bukti Cinta Kepada Sesama", dilakukan hari ini, rabu (8/11/2017), di Aula Balai RW Desa Megulung Kidul (area MTs Maarif NU  Pituruh). Petugas yang terdiri dari 4 orang telah mempersiapkan sejak pukul 08.00 wib dan selesai pukul 12.00 wib.

Dilaksanakannya di Desa Megulung Kidul agar menjaring warga yang akan melakukan donor darah di Kecamatan Pituruh bagian barat.

Terlihat antusias warga yang dapat dilihat dari 30 orang yang mendaftarkan diri. Namun dari 4 orang pendaftar yang dinyatakan gagal karena tensi darahnya rendah.

Dijelaskan oleh Bapak Wahyo, PMI Ranting Pituruh, diadakan rutin donor darah bermanfaat untuk transfusi darah bagi pasien yang kekurangan karena operasi dan setelah persalinan untuk menghindari efek negatif tertentu.

Wahyo melanjutkan, bagi pendonor harus sehat. Syarat-syaratnya meliputi hb diatas12,5 dan tensi antara 90 sampai 160. Tensi tidak boleh lebih rendah atau lebih tinggi dari yang telah ditetapkan agar menghindari efek samping bagi pendonor. Bagi orang yang mengidap penyakit kronis seperti jantung, paru-paru, TBC, HIV Aids, dan penyakit berat lainnya tidak diperkenankan mendonorkan darahnya.

Salah seorang petugas menyampaikan data dari hasil donor darah hari ini telah terkumpul 26 kantong darah.

Kegiatan ini rutin dilakukan oleh PMI Purworejo selang 3 bulan sekali. Di Kecamatan Pituruh sendiri telah ditentukan 4 lokasi strategis yaitu Desa Kaligintung, Kesawen, Pituruh, dan  Megulung Kidul. Jadi Secara keseluruhan selama 3 bulan dilakukan donor darah selama 4 kali di Kecamatan Pituruh.

Jika ada warga yang punya keinginan akan mendonorkan darahnya untuk saudara kita yang membutuhkan, tunggu 3 bulan lagi ya, pastinya di lokasi yang sama. (Muhamad Ghuril Kirom)

Iklan

×
Berita Terbaru Update