Notification

×

Iklan


Terkait Kisruh Pilkades Kalikotes, Ini Tanggapan Bupati

Senin, 20 November 2017 | 10:59 WIB Last Updated 2017-11-20T03:59:18Z
Terkait Kisruh Pilkades Kalikotes, Ini Tanggapan Bupati 

Purworejo,(purworejo.sorot.co)--Menanggapi laporan warga atas dugaan transaksi politik uang dalam Pilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Kalikotes, Kecamatan Pituruh, pada Jumat (10/11/2017) sore kemarin, Bupati Purworejo Agus Bastian angkat suara. Agus Bastian menilai hal itu sebagai bentuk respon sekaligus solusi adanya dugaan kasus tersebut.
Dalam surat jawaban atas pengaduan yang tertanggal 16 November 2017 tersebut, Bupati menjelaskan bahwa pengaduan yang diajukan termasuk dalam pelangaran ingkar janji atau wanprestasi. Kesepakatan tersebut telah dibuat oleh semua calon kepala desa dalam pemilihan kepala Desa Kalikotes. Sehingga proses penyelesaian kasus ini tidak bisa diterapkan melalui peraturan daerah Kabupaten Purworejo Nomor 12 Tahun 2015 yang mengatur tentang pemilihan kepala desa.
Alhasil sengketa bisa diselesaikan melalui peraturan perundang-undangan yang mengatur perihal ingkar janji atau wanprestasi. Bupati menganggap bahwa panitia tingkat desa telah melakukan proses pemilihan kepala desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Sementara anggota komisi A DPRD Purworejo Toha Mahasin mengatakan, kalau mengacu pada regulasi yang ada secara normatif , tanggapan Bupati memang sudah betul. Pemerintah Daerah dan DPRD berdiri di atas pijakan ketentuan normatif. Perjanjian antar calon adalah fakta yang dibentuk secara formil sehingga berada di luar ketentuan perda.
"Jadi wajar saja Bupati menanggapi seperti itu. Sehingga tak terlalu keliru mengambil sikap letterlijk," jelasnya,Minggu,(19/11/2017).
Toha menambahkan, sebenarnya jika tidak malas mencarikan solusi atas pengaduan warga tersebut, Bupati bisa mengurai persoalannya untuk kemudian disinggungkan dengan regulasi yang ada. Sehingga ada edukasi kepada masyarakat tentang larangan dan bahaya money politic. 
Selain itu, sekaligus memediasi terhadap mereka yang bersengketa, pungkasnya.

Reporter : Dana
Sumber Repost : purworejo.sorot.co

Iklan

×
Berita Terbaru Update