Notification

×

Iklan


Kunjungi SMA N 10 Purworejo, Kesbangpol Kabupaten Purworejo Sosialisasi Pemilihan Umum Bagi Calon Pemilih Pemula Dalam Mensukseskan Pilkada Tahun 2018 dan Piilpres 2019

Rabu, 16 Mei 2018 | 22:51 WIB Last Updated 2018-05-16T16:23:42Z
Foto Siswa SMA N 10 Purworejo

KALIKOTES , (pituruhnews.com) Selasa (15/5) bertempat di Aula SMA N 10 Purworejo, Kesbangpol Kabupaten Purworejo mengadakan Pendidikan Politik dengan tema "Sosialisasi Pemilihan Umum Bagi Calon Pemilih Pemula Dalam Rangka Menyongsong Sukses Pemilu Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pileg Pilpres Tahun 2019". Dalam sambutannya, Drs. Supriyanto yang saat itu mewakili kepala sekolah berharap, kegiatan ini dapat memberikan tambahan informasi dan pelajaran, khususnya dalam mata pelajaran PPKn. 

Kegiatan yang diikuti 80 an siswa yang berasal dari berbagai organisasi di sekolah ini menghadirkan banyak narasumber di antaranya: Bapak Muh Jumali dari Kesbangpol Kab. Purworejo, Bapak Iptu. ngatimin, S.H dari Polres Purworejo, Bapak Rinto Hariyadi, S. Sos selaku Ketua Panwaslu Kabupaten Purworejo, serta Bapak Agus Prasetyono, S.H, selaku Subag Humas dan Dokumentasi Sekretaris Dewan Kabupaten Purworejo. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif pemilih pemula dalam Pemilu. Tak hanya mendapatkan materi terkait pemilu, peserta sosialisasi juga mendapatkan ilmu mengenai tugas, fungsi, dan wewenang DPRD. Selain itu, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan testimoni dari mantan radikalis. Dalam materinya Iptu. Ngatimin menyampaikan bahwa seorang muslim hendaknya mampu mencitrakan Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin. Hal ini sekaligus respon untuk menangkal benih-benih radikalisme yang marak akhir-akhir ini. 

Proses Sosialisasi dari Kesbangpol ( foto okta)

Siswa menyambut baik kegiatan ini. Hal ini dibuktikan dengan antusiasnya mereka bertamya, ketika sesi pertanyaan dibuka. Ketika ditanya soal tanggapannya mengenai kegiatan tersebut, Panggih Widodo, yang kebetulan juga ketua OSIS periode 2017/2018 menuturkan "Yang jelas menambah pengalaman, jadi tau dasar hukun panwaslu, fungsi pemilu, siapa aja yang terkait penyelenggara pemilu, jajaran panwaslu, fungsi DPRD, jumlah fraksi DPRD Kab Purworejo, komisi yang masuk dalam fraksi, dan jumlah kursi setiap parpol. Kegiatannya sangat menambah pengalaman, wawasan, menarik, peserta juga antusias".

Acara yang dimulai pukul 13.00-16.00 ini merupakan agenda tahunan Kesbangpol. Harapannya dengan adanya pendidikan politik, angka golput dalam pemilu di kalangan pemilih pemula dapat ditekan. ( ltf-okta)

Iklan

×
Berita Terbaru Update