Notification

×

Iklan


"Nguri-uri" Kebudayaan Lokal, Polosoro Kepala Desa dan Muspika Pituruh Berlatih Ketoprak

Tuesday, 31 July 2018 | 18:38 WIB Last Updated 2018-08-01T04:58:13Z

PITURUH (www.pituruhnews.com) Selasa, 31 Juli 2018 bertempat di Aula Kecamatan Pituruh dilakukan latihan Ketoprak Polosoro yang melibatkan Kepala Desa dan Muspika Pituruh yang meliputi Kapolsek Pituruh AKP Junani Jumantoro sebagai Raden Langgar Singgih Hadipati Sumeneb, Danramil/09 Pituruh Kapten Infantri Ariyadi sebagai Patih Wonosalam, Ibu Camat Pituruh Siti Choiriyah, S STP, MM sebagai Ratumas Nyowo dan Sekcam Pituruh Bapak Yudie Agung Prihatmo, S.STP sebagai Raden Trenggono. Acara latihan ketoprak yang bertema "Jumenengan Trenggono" tersebut diarahkan oleh Bapak Mudiyono selaku Sutradara sekaligus lakon punokawan dan Bapak Minat Hartono Kepala Desa Luwenglor selaku penggagasan kesenian ketoprak di Kecamatan Pituruh dan memerankan bagus mukmin. Latihan pada sore tadi meliputi gambaran alur cerita, perwatakan dan juga menentukan pemeran yang akan tampil.

Latihan ini bertujuan untuk memupuk "keguyuban" Polosoro dan Muspika Pituruh, menumbuhkan rasa cinta terhadap seni budaya lokal supaya generasi muda tidak lupa dan juga merasa memiliki. Selain itu, latihan tersebut sekaligus untuk persiapan pentas dalam acara resepsi di Desa Kali Jering pada tanggal 13 Agustus 2018.

Bapak Kasimun sebagai tuan rumah resepsi sekaligus Kepala Desa Kalijering, lebih memilih untuk menampilkan pagelaran ketoprak yang dibintangi kepala desa dan muspika karena dapat menonjolkan kepada masyarakat bahwa di Kecamatan Pituruh juga mempunyai pionir yang mencintai seni budaya. Pada lain kesempatan, Bapak Kasimun juga berharap ketoprak polosoro bisa tampil pada acara tertentu di Kecamatan Pituruh supaya bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas. jelasnya (njb-ltf)

Iklan

×
Berita Terbaru Update