Notification

×

Iklan


Lansia Megulungkidul Meriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-73 Sambil Mainkan Lesung

Saturday, 18 August 2018 | 22:21 WIB Last Updated 2018-08-18T15:27:23Z

MEGULUNGKIDUL, (pituruhnews.com) Uniknya menyambut Dirgahayu Republik Indonesia Ke-73, manula Desa Megulungkidul lomba gojeg lesung yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Megulungkidul. Lesung merupakan alat tradisional dalam pengolahan padi atau gabah menjadi beras. Fungsi alat ini memisahkan kulit gabah (sekam, Jawa merang) dari padi menjadi beras.

Namun lain yang digunakan jaman sekarang, dijaman modern ini lesung makin ditinggalkan, karena sudah ada mesin untuk menggiling padi.


 Dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-73, Pemerintah Desa Megulungkidul berinisiatif mengadakan lomba gojeg lesung untuk melestarikan kesenian dan budaya lokal.

Gojeg Lesung merupakan kesenian musik menggunakan instrumen utama kayu, yang dilubangi layaknya sebuah lesung. Dibunyikan dengan cara ditabuh menggunakan kayu silih berganti sehingga tercipta irama tertentu.


Perlombaan Gojeg Lesung di Megulungkidul, dengan diikuti oleh 9 RT se Desa Megulungkidul, peserta lomba ini pada umumnya merupakan lansia. bertempat di Balai Desa Megulungkidul, pada Sabtu, 18/08/2018 pukul 09.00 WIB.

Peserta yang mengikuti lomba gojeg lesung 10 regu, yang setiap regu diisi minimal 5 orang, dalam setiap regu ada penyanyi dan joged. 

Untuk lagu wajib yaitu Lesung Jumengglung, dan lagu bebas seperti lagu daerah maupun nasional.

Kriteria penilaian ini salah satunya adalah kekompakan, keindahan irama dan lagu, kostum atau seragam.


"Sebagai Nguri-uri kebudayaan yang hampir punah, supaya anak cucu kita tau gunaanya lesung, bahwa sebelum adanya mesin giling ada, untuk menumbuk padi dengan menggunakan lesung," Ujar Kepala Desa Megulungkidul Rusmiyati. 

Kebisaan memainkan lesung ini sudah sejak dulu, untuk yang usia lanjut. Namun menjelang perlombaan ini Pemerintah Desa memanggil guru untuk mengajari cara menabuh lesung lebih enak didengar.

Lomba Gojeg Lesung ini baru pertama kalinya diadakan di Megulungkidul, Nantinya akan di adakan setiap tahunnya atau pada acara tertentu di Desa.


"Untuk meningkatkan semangat kebangsaan, kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa menjaga kebudayaan dan kesenian yang dimilik Negara Republik Indonesia" Ujar Dalimin S.Pd sebagai Juri.

Dengan adanya Lomba Gojeg Lesung bisa menjalin tali silahturahim warga-dusun sesama lansia.

"Kalau sudah memainkan lesung warga bisa merasakan kesegaran" ujarnya (ltf-bay)

Iklan

×
Berita Terbaru Update