Notification

×

Iklan

CTPS Cara Sederhana Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia

Tuesday, 23 October 2018 | 15:52 WIB Last Updated 2018-10-25T16:47:25Z


Purworejo (pituruhnews.com)- Bertempat di Gerbang Alun-Alun Jalan Proklamasi Purworejo (Selasa, 23/10/2018) pukul 08.15 sd 09.30 WIB  dilaksanakan Kegiatan Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sedunia. Acara ini diadakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Purworejo, Hari CTPS sedunia pada tahun 2018 ini mengusung tema "Tanganku Bersih Hidupku Sehat dan Bahagia".

Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh Verena Agus Bastian (Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo), Drs. Muh. Wuryanto (Asisten 3 Setda), Kapten Cba Suyud (Pasi Pers Kodim 0708/Pwr), IPTU Sulyanto (Wakil Polres Purworejo), Lettu Inf Cermo (Dankima Yonmek), Persit, Bayangkari, Dharma wanita, GOW, Perwakilan TP PKK kecamatan Se-kabupaten Purworejo serta Siswa TK,  SD,  SMP, SMA, dan kurang lebih 400 tamu undangan.


Sebagai pembuka rangkaian acara peringatan Hari CTPS sedunia disajikan yel-yel dari siswa-siswi SD dan SMP dilanjutkan dengan pembacaan Komitmen untuk Cuci Tangan Pakai Sabun. Dalam kesempatan ini Wuryanto membacakan sambutan dari Bupati Purworejo yang berhalangan hadir, dikarena sedang tugas di luar daerah. Bupati Purworejo menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan ini sehingga dapat dijadikan sebagai momentum untuk tali silahturahmi, serta dengan adanya kegiatan ini bisa mengambil manfaatnya, yaitu dengan terus menjaga  kebersihan dengan melakukan cuci tangan pakai sabun dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat.

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB dengan organisasi-organisasi baik pihak pemerintah maupun swasta guna menggalakkan perilaku sehat sebagai upaya untuk mencegah penurunan kualitas hidup manusia.

Perilaku sederhana, mudah, dan murah, seperti cuci tangan pakai sabun, ternyata dapat menyelamatkan kita dari ancaman penyakit- penyakit menular. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), perilaku mencuci tangan pakai sabun mampu mengurangi angka kejadian diare sebesar 45 persen, mencegah penyebaran cacingan, menurunkan kasus infeksi saluran pernapasan akut, dan flu burung hingga 50 persen.

Jika perilaku itu diikuti pembangunan sanitasi berbasis masyarakat, seperti jamban sehat, aliran air bersih, drainase, dan lingkungan yang bersih, kasus-kasus tersebut dapat turun hingga 90 persen.


"Sehat adalah hak setiap orang, dan kunci sehat sangat ideal dengan bereputasi hidup bersih dan sehat. Oleh karena itu, saya berpesan biasakan mencuci tangan pakai sabun (CTPS) pada 5 waktu kritis, yaitu sebelum makan; sehabis buang udara besar; sebelum menyusui; sebelum sidang makan; setelah menceboki bayi; dan setelah kontak dengan hewan" tutupnya.

Sebagai penutup rangkaian acara tersebut dilakukan cuci tangan oleh Muspida diikuti oleh seluruh peserta yang hadir.

Penulis : Bay
Editor : ALK

Iklan

×
Berita Terbaru Update