Notification

×

Iklan

Panen Produksi Benih Kedai, dan Sekolah Lapang Benih Kedelai

Wednesday, 3 October 2018 | 20:16 WIB Last Updated 2018-10-03T13:16:33Z

TERSIDILOR, (pituruhnews.com) Bertempat di Desa Tersidilor,  Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo melaksanakan kegiatan dalam rangka Temu Lapang : Produksi Benih dan Penguatan Penangkar Kedelai, Rabu, 03/10/3018.
Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Balai Pengkajian dan Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah, dan Kelompok Tani "SRI MAKMUR" Desa Tersidilor, Pituruh.

Dalam kegiatan ini juga diadakan Sekolah Lapang Mandiri Benih Kedai, dan panen perdana oleh  Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah bapak Ir. Tri Susilarjo, Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo bapak Eko Anang SW, MMA, Kepala BPTP Jawa Tengah Dr. Ir Harwanto, Camat Pituruh yang diwakilkan oleh bapak Surip.S.Pd.M.Pd, dan Danramil/09 Pituruh di wakilkan oleh  Sukantoro.



Acara ini juga di hadiri oleh Pelaku Produsen Benih Kedelai, Tokoh Masyarakat, Petani, serta Peneliti dan PPL.

Kelompok Tani "SRI MAKMUR" Desa Tersidilor ini berdiri sejak tahun 2009 yang beranggotakan 120 petani dan dengan lahan sawah seluas 32 ha.

"Pola tanam yang dalam satu tahun berupa padi, dan palawija, yang pada awalnya palawija ini merupakan kedelai, namun selang berjalannya waktu sebagian dari petani ini telah beralih menjadi kacang hijau. hal ini disebabkan karena harga kacang hijau lebih tinggi meningkat dua kali lipat dari kedelai, sehingga kacang hijau lebih menguntungkan dibandingkan kedelai" Ujar Ketua Kelompok Tani Sri Makmur.

Pada tahun 2018, Kementerian Pertanian melalui DInas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Desa Mandiri Benih (DMB) Kedelai sebanyak 16 Unit yang tersebar di 9 sentra kedelai di Jawa Tengah. Untuk Kabupaten Purworejo, kelompok tani yang terpilih sebagai pelaksana kegiatan DMB Kedelai yaitu Kelompok Tani "SRI MAKMUR" Desa Tersidilor, Pituruh.

Dengan adanya kegiatan ini berharap untuk kelompok tani, kelompok penangkaran, ataupun gabungan kelompok tani berharap untuk bisa meningkatkan kapasitas dalam produksi benih guna memenuhi kebutuhan benih kedelai di pasar maupun wilayahnya.

Dalam sambutannya bapak Surip.S.Pd.M.Pd, "berharap untuk produksi benih kedelai di kecamatan Pituruh menjadikan penyangga benih terbaik untuk di Jawa Tengah" Ungkapnya. 

Sejak berdirinya Kelompok Tani SRI MAKMUR, yang di fasilitasi oleh BPTP Jawa Tengah dan menjalin kerjasama pemasaran benih kedelai swasta yang terdapat di Kabupaten Purworejo, yaitu PB. Utama Desa Megulunglor, Pituruh, yang bertujuan menghasilkan benih kedelai, untuk mendukung ketersediaan benih kedelai bersertifikat di pasaran, sehingga hasil benih tersebut dapat didistribusikan melaui JABALSIM keluar Kabupaten Purworejo.

Iklan

×
Berita Terbaru Update