Dalam Rangka Gladi Lapang Penanggulangan Bencana, Kodim0708/ Purworejo bersama Forkompida adakan Apel Kesiap Siagaan Bencana

Advertisement
Apel Kesiap Siagaan Bencana di Lapangan Widoro Pituruh / Foto Mas Pur
PITURUH, (pituruhnews.com) - Dalam rangka gladi lapang penanggulangan bencana, Kodim0708/ Purworejo bersama Forkopimda dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, melaksanakan apel kesiap siagaan bencana di Lapangan Widoro Desa Pituruh, Jum’at, 23/11/2018 pada pukul 08.00 WIB.

Apel ini diikuti oleh 750 peserta yang merupakan perwakilan, terdiri dari semua elemen masyarakat Lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang rutin mengikuti kegiatan penanggulangan bencana alam, seperti Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan SAR. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Luhur Pambudi M. ST, MM dan Ketua BPBD Kabupaten Purworejo Sutrisno, Camat Pituruh Siti Choeriyah, S.STP MM. Dalam apel tersebut dipimpin langsung oleh Dandim/0708 Purworejo Letkol Inf Muchlis Gasim, SH, M.Si
Letkol Inf Muchlis Gasim, SH, M.Si saat menyapa elemen masyakarat / Foto Mas Pur
Adanya kegiatan apel kesiap siagaan ini merupakan bahwa kabupaten Purworejo secara geografis mempunyai potensi kerawanan bencana cukup tinggi. Dalam rangka menghadapi hal tersebut, bahwa pada saat sudah memasuki musim penghujan, yang intensitas hujan cukup  tinggi. Puncak musim hujan ini diperkirakan pada bulan Desamber 2018 sampai Februari 2019.

“Maka dalam mengantisipasi dan meminimalisir dampak bencana tersebut, kita menyiapkan melalui  apel kesiap siagaan penanggulangan bencana ini.” Tegas Gasim.

Pada saat ditemui crew pituruhnews.com, Letkol Inf Muchlis Gasim, SH, M.Si mengatakan sangat mengapresiasi kepada seluruh jajaran tim penanganan bencana, semuanya bersinergi dan sangat siap dalam mempersiapkan segala sesuatu untuk menangani bencana saat terjadi, mulai dari muda sampai tua semua mempunyai komitmen tinggi terhadap penanganan bencana.
Foto bersama dengan forkompimda dan elemen masyarakat / Foto Mas Pur
Selain itu apel juga mengecek kesiapan peralatan dan perlengkapan yang baru saja up to date. Dengan adanya perlengkapan tersebut tentunya sangat berguna pada saat terjadi bencana dan juga untuk proses evakuasi korban bencana.

“Peralatan yang dipunyai Kepolisian, TNI AD, BPBD, dan unsur elemen masyarakat juga sudah sangat siap” Ujar Gasim.

Dengan harapan ini menjadi suatu sinyal yang baik bagi Kabupaten Purworejo. Dan kedepan nantinya kegiatan ini agenda rutin setiap menjelang musim penghujan datang, dengan tujuan kesiap siagaan menghadapi bencana.

Dan menghimbau kepada semua masyarakat Purworejo, mengingat Purworejo daerah potensi bencana. Sehingga semua menyadari dan bisa meminimalisir dampak bencana.
Pengawalan dari Polisi / Foto Mas Pur
“Harapannya dapat meminimalisir korban material, korban jiwa dan kegiatan ini semua menjadi siap dan operasionalnya menjadi lebih singkat. Ketika di butuhkan semua sudah tau siapa ? dan harus apa? Sehingga dapat meminimalisir dampak kemungkinan bencana yang terjadi,” Ujar Gasim.

Reporter : Mas Pur
Penulis : Ltf
Baca Juga
Advertisement
Advertisement