Pemuda Pengembang Usaha Kopi dan Jahe Asli Kaliglagah

Advertisement
Entreprenuer Muda Saat di Temui Crew Pituruh News / Foto Mas Pur
KALIGLAGAH, (pituruhnews.com)-- Potensi UMKM terus bermunculan di wilayah Kemiri. Salah satunya adalah Yusuf Arifin (22) pemuda Desa Kaliglagah Kecamatan Kemiri yang baru saja lulus kuliah tertantang di Entreprenuer ini memiliki usaha Jahe dan Kopi. Usaha ini terbiang baru seumur jagung karena baru aktif sekitar 4 bulan. Sementara usahanya ini  baru fokus pada jahe dan kopi namun untuk planing kedepan setelah semua proses berjalan dengan lancar akan ada tambahan produksi untuk bumbu masakan. Sabtu, 10/11/2018.

Bahan baku olahan jahe dan kopi ini diperoleh dari kebun yang ada dilingkungan, kebon jahe terletak dekat arah Desa Wonosido dan Purbayan termasuk kopi. 
Produk Jahe dan Kopi Kaliglagah / Foto Mas Pur
Dalam sehari Yusuf Arifin dapat memproduksi 3 kg serbuk jahe, agar rasanya menjadi lebih nikmat serbuk jahe tersebut ditambahkan gula sebagai pemanis dan penyeimbang rasa.  Sedangkan untuk kopi diproduksi tidak menentu menyesuaikan pesanan dari pelanggan dan juga menyesuaikan hasil panen. Biasanya 2/3 hari sekali. Kopi yang diproduksi terdiri dari 2 jenis yaitu kopi lokal dan kopi robinson. Perbedaan dari kedua kopi tersebut terletak pada rasa dan aromanya. Untuk kopi robinson berasa sangit dan aromnya tidak terasa sedangkan untuk kopi lokal lebih menyengat aromanya.

Penjualan jahe dan kopi ini sudah memanfaatkan media sosial dan juga e-commerce seperti bukalapak dan tokopedia. Namun juga melayani pembelian secara langsung. Untuk pemasaran tidak hanya di wilayah Pituruh dan Kemiri saja namun sudah menembus luar provinsi seeru Jawa Barat, Jakarta, Bekasi, Depok, dan wilayah sekitarnya  bahkan pengiriman paling jauh sudah sampai ke Kalimantan Tengah. Satu kemasan jahe dijual seharga Rp 20.000,- sedangkan satu kemasan kecil kopi berukuran 100gr dijual seharga Rp 10.000,-. Namun jika pelanggan membeli langsung  500gr maka pelanggan hanya perlu membayar Rp 38.000,- saja. 

Produk Kopi asli Kaliglagah / Foto Mas Pur
Yusuf Arifin mengungkapkan "Dengan produksi olahan jahe dan kopi ini dapat membantu mendongkrak ekonomi daerah dengan jalan pertama menggunakan UMKM. Ketika UMKM sudah berjalan maksimal dan  nama produk kita sudah dikenal oleh masyarakat selanjutnya akan dibuat koperasi. Yang mengelola adalah kita sedangkan masyarakat menyediakan bahan bakunya."
Produk Jahe / Foto Mas Pur
Entreprenuer muda ini sedang menguji coba pembuatan kue butter coocies jahe yaitu sisa perasan jahe/ampas jahe.

Penulis : Bayun 
Reporter : Mas Pur
Editor : ALK
Baca Juga
Advertisement
Advertisement