Notification

×

Iklan


Pertama !!! Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW SMP N 40 Purworejo diselenggarakan oleh OSIS

Wednesday, 12 December 2018 | 17:54 WIB Last Updated 2018-12-13T04:17:17Z
Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW SMP N 40 Purworejo di Masjid At-Tauhid Jatiwero
PRAPAGKIDUL, (pituruhnews.com) - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1440 H, SMP N 40 Purworejo mengadakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Masjid Jami' At-Tauhid Dukuh Jatiwero, Prapagkidul, Rabu, 12/12/2018.

Uniknya acara ini dilaksanakan oleh siswa yang tergabung OSIS SMP N 40 Purworejo. Acara ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SMP N 40 Purworejo Himawan Susrijadi, S.Pd.M.Pd, Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhid 3 Gus Alawi, Kepala SD N Megulunglor Sri Murningsih Puji Astuti, serta turut diundang santriwan/santriwanti
Pondok Pesantren Daarut Tauhid 3, paguyuban wali murid, komite sekolah, siswa/siswi SMP N 40 sebanyak 600 siswa dan siswa/siswi SD N Megulunglor yang terbagi dari 2 kelas yaitu kelas V dan VI.
Siswa SMP N 40 Purworejo / Foto Mas Pur
Acara peringatan ini bertema "Inner Beauty" yaitu Meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW. Maidhotul Hasanah oleh KH. Imam Ibnu Sholla dari Kedungsari, Purworejo menyampaikan tentang kisah Nabi Muhammad SAW dari beliau lahir, serta menceritakan sejarah ka'bah yang akan diserang oleh Tentara Abrahah, karena iri dengan ka'bah yang selalu di kunjungi umat muslim untuk umrah/haji dan kisah rosul yang tidak pernah berbohong sehingga beliau di percaya oleh orang lain.

Sebetulnya acara ini akan diselenggarakan di sekolah, namun karena sekolah belum memiliki aula maka kami berinisiatif mencari tempat yang lebih luas, dan tempat tersebut di Pondok Pesantren Daarut Tauhid 3.

"Dengan adanya momen ini kami mengenalkan kepada siswa di Pondok Pesantren Daarut Tauhid 3 ini" Ujar Himawan.

Selain memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW acara ini untuk meningkatkan ketaqwaan kepada semua siswa.

"Berharap dengan bisa terciptanya karakter anak-anak bisa terbina utamanya dalam karakter keimanan". Kami sudah melaksanakan disetiap sholat dzuhur di sekolah melaksanakan secara berjamaah dengan tujuan supaya anak-anak semakin taat kepada agama.
Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW / Foto Mas Pur
Perlu kita ingat tidak hanya anak-anak yang beragama islam, untuk agama non islam juga dilibatkan dalam acara peringatan ini. "Selain memperingati hari besar islam sekolahan SMP N 40 Purworejo juga memperingati hari besar agama non islam" Jelas Himawan.

Acara ini diharapkan bisa membentuk karakter siswa menjadi lebih tertib, bertaqwa dengan harapan lain SMP N 40 Purworejo lebih maju dalam segala aspek.

"Kegiatan ini patut di apresiasi karena penyelenggara ini murni dari OSIS SMP N 40 Purworejo, karena OSIS SMP N 40 pernah mendapatkan bimbingan di Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan penerapan pembimbingan yang pernah diikuti di Yogyakarta tepatnya di Kaliurang. Dengan memberdayakan pengurus Osis dan ternyata pengurus bisa menyelenggarakan kegiatan seperti ini. Mulai dari persiapan menyusun acara, menata lokasi sampai proses akhir dan sedikit binaan dari guru," Ujarnya.

Kegiatan ini merupakan awal embrio dari semua kegiatan yang dimiliki SMP N 40 Purworejo. "Pituruh memiliki potensi yang luar biasa, karena banyak orang yang sukses yang berasal dari Pituruh". Jelas Himawan.

Salah satu pengurus OSIS SMP N 40 Purworejo Anang Abian, mengatakan bahwa adanya acara ini untuk memperkokoh keimanan dan ketaqwaan siswa SMP N 40 Purworejo.

"Berharap siswa/siswi lebih beriman, bertaqwa kepada Than Yang Maha Esa." Ujarnya

Serangkaian acara ini juga dihibur oleh Hadroh An-Najah dari SMP N 40 Purworejo. Hadroh ini pernah mewakili Purworejo di ajang MAPSI Tingkat Provinsi di Demak.

Penulis : ltf
Reporter : Mas Pur
×
Berita Terbaru Update