WOW !!! Manfaat Sate Tupai Ki Bawono Lengser Butuh Berkhasiat Sembuhkan Penyakit

Advertisement
Sate Tupai Ki Bawono Lengser Butuh / Foto Mas Pur
BUTUH, (pituruhnews.com) - Dalam menyambut hadirnya Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo, akan menjadikan peluang besar bagi kabupaten Purworejo. Seperti yang digagas oleh Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM dengan slogan Romansa Purworejo 2020, Selasa, 11/12/2018.

Dalam menyambut gagas tersebut, dimasing-masing kecamatan memperkenalkan potensi yang dimiliki. Salah satu potensi yang dimilik antara lain Wisata Alam, Kuliner, Religi maupun potensi lainnya.

Butuh selain Es Dawet Jembut Kecabut, Juga memiliki kuliner unik lainnya seperti Warung Sate Ki Bawono Lengser. Warung Sate ini menyajikan menu unik dari warung sate yang ada di Purworejo, yaitu dengan menu andalan Sate Tupai, Rica Rica Tupai,Tupai Goreng. Warung ini berlokasi di Jalan Raya Kutoarjo-Prembun, Desa Klepu, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (barat Polsek Butuh).
Menu Olahan dari Daging Tupai / Foto Mas Pur
Warung Sate Ki Bawono Lengser didirikan pada tahun 2005 oleh Zaenal Arifin atau sering disapa Ki Bawono Lengser. Namun sejak Zaenal Arifin meninggal pada tahun 2012 usaha Warung Sate ini diteruskan oleh putra sulungnya yaitu Zaan Surya Negara. Zaenal Arifin berasal dari Dukuh Sutogaten ,RT 01 RW 03, Desa Pituruh, Kecamatan Pituruh. 

Awal mula berdirinya Warung Sate Tupai Ki Bawono Lengser ini adalah Ibunda dari Zaenal Arifin yang mempunyai penyakit diabetes dengan mengkonsumsi tupai sehingga kondisi semakin membaik dan sembuh.
Lokasi Warung Sate Ki Bawono Lengser / Foto Mas Pur
Tupai adalah salah satu hewan pengerat seperti kelinci, marmut dan lainnya. Tupai ini biasanya hidup dari satu pohon ke pohon lainnya dengan cara melompat yang kebanyakan tupai tersebut di pohon kelapa, karena memang makanan utamanya adalah tumbuhan terutama kelapa. Tupai merupakan hewan yang sangat aktif dari sebagian dagingnya merupakan otot yang rendah kolestrol.

Manfaat dari daging tupai ini dipercayai dapat menyembuhkan penyakit seperti kencing manis, diabetes, kanker, rematik, lever, penambah stamina tubuh. Selain itu, Khasiat otak tupai juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit dan bahkan ada yang percaya daging tupai ini mampu meningkatkan vitalitas pria.
Zaan Putra Pemilik Sate Tupai Ki Bawono Lengser / Foto Mas Pur
Setiap satu porsi sate tupai ini berisi 8 tusuk harga 40.000, untuk rica rica tupai satu porsinya 30.000 sedangkan untuk tupai goreng 25.000. Pengunjung Warung ini sudah ada yang berasal dari Jakarta, Papua, Maluku.

"Kedepan bisa menjadi sentra wisata kuliner tidak hanya mementingkan segi makanan akan tetapi juga kesehatan dengan khasiat tupai itu sendiri, dan juga kami turut serta  mempersiapkan diri menyambut Romansa 2020 Purworejo melalui Kuliner khas kami yaitu Sate Tupai Ki Bawono lengser dari Butuh" Ujar Zaan.

Salah satu pengunjung dari Pituruh, Tuti mengatakan bahwa ada kuliner khas ada dikecamatan Butuh yaitu Sate Tupai yang bagus buat kesehatan.

"Melihat dari postingan sosial media katanya dikecamatan Butuh ada sate tupai, Rasanya sepeti daging biasa cuma ada khas tupainya dan gurih" Ujar Tuti.

Zaan Surya Negara sendiri adalah Pemuda asal Pituruh yang saat ini sedang menduduki bangku perkuliahan, meski sedang menempuh Pendidikan Zaan tetap akan mengembangkan usaha warisan dari orang tuanya. 

Warung ini selain menjual olahan dari tupai, juga menjual olahan dari Ayam, Kambing dan Kebo.

Penulis : Ltf
Reporter : Mas Pur
Baca Juga
Advertisement
Advertisement