Notification

×

Iklan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo, Gelar Penyuluhan Daerah Rawan Bencana

Tuesday, 19 February 2019 | 20:40 WIB Last Updated 2019-02-19T14:17:28Z
Acara Penyuluhan
PITURUH, (pituruhnews.com) - Demi meningkatkan keselamatan dalam bertugas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo, melaksanakan Penyuluhan Daerah Rawan Bencana Tahun 2019, Selasa, (19/02/2019) bertempat di Aula Kecamatan Pituruh.  

Dalam kesempatan ini dihadiri oleh Kepala Pelaksana BPBD Purworejo Drs. Sutrisno, M.S,. Camat Pituruh Siti Choeriyah, S. STP, MM, serta Perwakilan dari 20 desa rawan bencana hadirsebanyak 80 peserta. 

Siti Choeriyah mengatakan dalam sambutannya, selamat datang kepada kepala pelaksana BPBD Purworejo  juga seluruh peserta penyuluhan dari masing desa yang rawan bencana. 

"Kecamatan Pituruh salah satu kecamatan yg rawan bencana alam, diharapkan apabila terjadi bencana alam sesegera mungkin melaporkan kepada pemerintah desa dan diteruskan ke tingkat selanjutnya," Ucapnya. 

20 Desa yang mengikuti penyuluhan, antara lain Desa Brengkol, Girigondo, Kaligintung, Kaligondang, Kalikotes, Karanggetas, Kesungbatur, Kesawen, Pekacangan, Pepe, Polowangi, Prapaglor, Somogede, Tersidilor, Wonoyoso, Kalimati, Sikambang, Megulunglor, Petuguran.
Acara Penyuluhan di Aula Kecamatan Pituruh
Sutrisno mengatakan, Sampai saat ini Gunung Merapi sudah 6 kali mengeluarkan lava pijar dan beberapa waktu lalu bencana banjir di berbagai wilayah Kabupaten Purworejo, gempa di Lombok , Sulawesi dan Tsunami di Selat Sunda.

"Faktor yang menyebabkan bencana yaitu alam (banjir, gempa, gunung meletus), non alam (kebocoran reaktor nuklir), Sosial (konflik antar masyarakat)," Ungkapnya.

Secara geografis wilayah Kabupaten Purworejo semua rawan bencana, didaerah pegunungan rawan longsor dan didaerah bawah rawan banjir/tsunami. Tujuan menejemen bencana yaitu mengurangi korban/kerugian akibat bencana alam baik jiwa, materiil dan non materiil.

Tahun ini akan dipasang radar tsunami di Desa Kebutuhan, Kecamatan Ngombol dengan  mencakup radius 100 KM sampai Kabupaten Cilacap. Kabupaten Purworejo adalah ranking 2 daerah yang rawan bencana alam diwilayah Provinsi Jateng dan ranking 18 dalam tingkat Nasional.

Oleh karena itu, penyuluhan ini adalah penanganan bencana mulai pra bencana (pencegahan) dan paska bencana alam (evakuasi korban). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo membentuk Satgas bencana dimasing-masing kecamatan. (hmspolsek-ltf)

Iklan

×
Berita Terbaru Update