Desa Girigondo Wakili Pituruh, Mengikuti Kegiatan Pasar Tani di Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo

Advertisement
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo melaksanakan kegiatan Pasar Tani, bertempat di halaman Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan, Minggu, 26/05/2019.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Ketahanan Pangan yang dimulai Pukul 06.00 WIB sampai dengan berakhirnya CFD di Jl. Mayjen Sutoyo sekitar pukul 09.30 WIB. Peserta kegiatan ini terdiri dari tiap-tiap Kecamatan yang diikuti oleh Kelompok Tani/KWT/Pokdakan/Poklahsar dan berbagai kelembagaan kelompok lainnya dari sektor pertanian, perikanan, dan peternakan di seluruh kecamatan se-kabupaten Purworejo.

Kecamatan Pituruh dalam hal ini diwakili oleh Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan (Poklahsar) Mina Rasa dari Desa Girigondo. Ibu Suprapti selaku Ketua Poklahsar tersebut didampingi Penyuluh Perikanan, Penyuluh Pertanian, dan Koordinator PPL dari Kecamatan Pituruh memasarkan produk unggulan yang diolah dari bahan baku dasar ikan/hasil pertanian yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar. Produk yang ditampilkan adalah Pepes Nila, Lele Frozen Bumbu, Krispi Ikan, Rempeyek Udang, Pempek Ikan, Rengginang, Krupuk Udang dan aneka olahan lainnya.
Produk dari Poklahsar Girigondo
Poklahsar Mina Rasa merupakan binaan dari Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo yang telah berdiri sejak Tahun 2007, didampingi oleh penyuluh perikanan setempat. Produk unggulannya adalah Pepes Nila dan Krispi Ikan yang telah dikenal di kalangan sekitar Kecamatan Pituruh. Harapannya dengan adanya kegiatan Pasar Tani ini, maka produk olahan perikanan dan pertanian dari Kecamatan Pituruh dapat dikenal dan dipromosikan ke khalayak yang lebih luas lagi, sehingga mengangkat potensi dari masyarakat Desa Girigondo Kecamatan Pituruh.


Sigit Purwito, S.Pi mengatakan, kegiatan ini supaya dapat memotivasi bagi mayarakat lainnya diwilayah kecamatan Pituruh, untuk tumbuh sebagai pelaku pengolahan perikanan/pertanian yang meningkatkan nilai ekonomis produk olahan serta memperkenalkan diversifikasi olahan pangan.

"Demi untuk memenuhi kebutuhan gizi pangan yang berkualitas dari olahan perikanan/pertanian bagi masyarakat umum, " tandasnya. (ltf)
Baca Juga
Advertisement
Advertisement