Notification

×

Iklan

31 Produk UMKM Purworejo Masuk Toko Modern

Sunday, 23 June 2019 | 17:47 WIB Last Updated 2019-06-23T10:47:05Z
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Sebanyak 31 produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal khas Kabupaten Purworejo masuk dalam pemasaran ritel modern Alfamart. Peluncuran pemasaran secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, bersama Deputy Branch Manager Alfamart, Dede Jaya Wardhana, di Toko Alfamart Alun-Alun Purworejo, Kamis 20 Juni 2019 pagi.

Hadir Dinas Koperas Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Purworejo Gandi Budi Supriyanto, pimpinan instansi terkait, para Pelaku UMKM Purworejo.

Yuli Hastuti mengatakan bahwa keberadaan UMKM tidak hanya turut mengembangkan berbagai potensi daerah Purworejo, melainkan juga turut mendukung dinamisasi positif perekonomian daerah dan juga peningkatan kesejahteraan masyarakat. UMKM dengan semangat kerja kewirausahaan dan posisi strategisnya, secara berkelanjutan terus berperan aktif memperkuat Ekonomi Kerakyatan di Kabupaten Purworejo khususnya.
Sambutan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti
Menurutnya Pemerintah Daerah memiliki banyak UMKM binaan, mulai dari olahan makanan, handycraft, batik, dan sebagainya yang tersebar di 16 kecamatan. Namun, ada beberapa permasalahan yang dialami UMKM Purworejo. Tiga diantaranya yakni dapat memproduksi tetapi kesulitan pemasaran, produk UMKM sulit masuk pertokoan modern, dan ide penjualan dan metode pemasaran sebagian besar masih menggunakan cara tradisional.

“Terkait hal tersebut, dengan adanya launching produk UMKM Kabupaten Purworejo di toko modern Alfamart, diharapkan menjadi salah satu solusi kongkrit dalam mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi. Saya berharap produk UMKM ini bisa ditempatkan pada wadah/display yang strategis, setidaknya di semua toko Alfamart yang ada di Kabupaten Purworejo,” katanya.

Lebih lanjut Yuli Hastuti meminta agar pelaku UMKM terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk yang sudah dipajang di toko modern Alfamart. Sehingga konsumen akan merasa puas membeli produk yang dihasilkan UMKM, yang akan memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM itu sendiri maupun citra Alfamart sebagai etalasenya.

“Dengan demikian, kerjasama ini akan berkembang menjadi kerjasama yang saling menguntungkan satu sama lain,” tandasnya.
Acara Peluncuran Produk Lokal Purworejo
Deputy Branch Manager Alfamart, Dede Jaya Wardhana, menyebut Alfamart sangat terbuka terhadap produk-produk lokal untuk dapat dipasarkan di toko-toko Alfamart. Peluncuran produk kali ini merupakan wujud dukungan terhadap program pemerintah dalam upaya mengembangkan UMKM dan menciptakan sinergi yang baik dengan pengusaha kecil untuk bisa berkembang.

“Sebelumnya produk-produk yang masuk ini telah melalui proses seleksi dan penilaian dari Dinas KUKMP Purworejo dengan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Sementara ini memang baru di beberapa Alfamart di pusat kota, tapi ke depan akan mengisi di semua toko yang ada di Kabupaten Purworejo,” sebutnya.

Gandi Budi Supriyanto mengungkapkan bahwa semula ada 60 produk UMKM yang masuk penilaian dan setelah diseleksi lolos 31 produk. Seleksi yang dilakukan antara lain meliputi komitmen pelaku UMKM dalam hal konsistensi pemasaran, produk memiliki batas kedaluwarsa, dan memenuhi kualitas kelayakan pasar.

“Proyeksi kita sisa dari 60 produk yang terseleksi ini bisa meningkatkan komitmen, memperbaiki kualitas kemasan, dan kelayakan pasar. Kita berharap semua produk nanti bisa masuk ritel modern,” ungkapnya.
Pelanggan saat memberli Produk
Sementara itu Noviyanti pemilik Sagon Coklat mengungkapkan, merasa sangat bangga produk inovasinya bisa ikut masuk di retail modern, karena ini merupakan langkah awal dan motivasi untuk komitmen memproduksi dan menjalankan usaha.

"Saya berharap bisa masuk ke seluruh alfamart dikabupaten Purworejo. Untuk teman-teman UMKM semoga selalu laris produknya, terus bisa berkembang ke jaringan pemasaran yang lebih luas lagi dan selalu eksis untuk produk purworejo, " pungkasnya. (lt)

Iklan

×
Berita Terbaru Update