Tolak Stunting, HIMPAUDI Ajak Peserta Didik Senam Aisumaki dan Suka Makan Ikan

Advertisement
PITURUH, (pituruhnews.com) - Sebanyak 1315 peserta didik usia dini, yang terdiri anak didik, pendidik dan wali murid mengikuti kegiatan Launching Senam Ceria "AISUMAKI" (Anak Indonesia Suka Makan Ikan) dan sekaligus peringatan ulang tahun Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Pituruh, di Lapangan Widoro Desa Pituruh, Jum'at, 18/10/2019.

Acara ini dihadiri oleh Camat Pituruh Yudhie Agung Prihatno, S.STP , Koordinator Pelayanan Pendidikan Kecamatan Pituruh Kusbandono S.Pd.MM.Pd, Kepala Desa Pituruh Akhmad Anwar, Pengurus Himpaudi Kabupaten Purworejo Hestyningtyas, Dr. Beta UPT Puskemas Pituruh Bidang Organisasi dan wali murid peserta didik usia dini.
Sambutan Camat Pituruh
Dalam sambutannya Camat Pituruh Yudhie Agung Prihatno, S.STP mengucapkan selamat hari ulang tahun Himpaudi ke 14, semoga peran dalam pelaksanaan pendidikan paud bisa lebih meningkat, himpaudi ini merupakan sebagai wadah memperjuangkan aspirasi anggota peserta didik.

Menyedri peran vital Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pemerintah senantiasa meningkatkan perhatian dan mendorong semua stakeholder untuk ikut berperan dalam mengajarkan pendidikan ana usia dini, ini termasuk mengupayakan peningkatan alokasi dana untuk pelaksanaan paud dan peningkatan kesejahteraan guru.

"Saya berharap dihari ulang tahun Paud ini, dengan diisinya flashmoob senam sehat Aisumaki (Anak Indonesia Suka Makan Ikan) dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjadikan ikan sebagai sumber utama protein dan omega 3 sebagai salah satu makanan utama anak-anak usia emas, sehingga kecukupan gizi terpenuhi. Dan untuk stunting atau kekurangan gizi tidak dialami anak-anak sebagaimana tema kali ini yaitu Generasi Cerdas Suka Makan Ikan Menuju Jawa Tengah Bebas Stunting, " ucapnya.
makan ikan bareng
Ditambahkan, Ketua Panitia HUT HIMPAUDI Cabang Pituruh Sri Suliyani semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan motivasi kepada anak-anak usia dini, wali murid, masyarakat dan pihak terkait tentang pentingnya mengkonsumsi ikan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang dan kecerdasan anak-anak Indonesia, sehingga dapat mencegah dan menurunkan angka stuntingdi Indonesia.

"Saya berharap kepada pemerintah dapat menyeimbangkan harga ikan, sehingga masyarakat kalangan menengah kebawah bisa menjangkau dan mengkonsumsi ikan. Dan pemerintah tergugah untuk bisa memperhatikan kesejahteraan kami para pendidik paud, yang mana juga sebagai kader posyandu yang menjadi ujung tombak dalam menangani stunting di Indonesia, " pungkasnya.

Penulis : Luthfi
Baca Juga
Advertisement
Advertisement